Cara Membeli Tiket Pesawat Online & Offline Termudah

Jogjawae.com, Perubahan teknologi digital sekarang ini makin mempermudah bermacam rutinitas manusia, termasuk juga dalam soal cara membeli tiket pesawat.

Bila dahulu Anda harus membeli tiket secara offline di kantor maskapal atau lewat travel agent, sekarang ini pesan tiket dapat dilaksanakan secara online, lewat hp android.

Tetapi, untuk mereka yang baru pertama kalinya melancong menggunakan pesawat dan ingin membeli tiket pesawat baik secara offline atau secara online melalui aplikasi, berikut ini cara – caranya.

Cara Membeli Tiket Pesawat Secara Offline

1. Datang ke tempat agen travel yang menyediakan / menjual tiket.
2. Melakukan pemesanan tiket pesawat dengan rute tujuan dan tanggal keberangkatan
3. Memberi info data diri dan memperlihatkan kartu identitas seperti KTP/SIM (pastikan Anda memberi info data diri dengan betul)
4. Tunggu beberapa waktu untuk dilakukan proses pemesanan
5. Pihak biro travel akan memberi tiket Anda berbentuk kertas yang dimasukkan pada dalam amplop
6. Membayar secara tunai

Cara Membeli Tiket Pesawat Secara Online Melalui Aplikasi

Di bawah ini beberapa aplikasi untuk booking tiket pesawat secara online berdasar ringkasan admin Jogjawae.

1. Traveloka

  1. Unduh aplikasi Traveloka
  2. Pilih menu tiket pesawat
  3. Mencari penerbangan (mulai penelusuran Anda dengan masukkan detail penerbangan)
  4. Tentukan dan pesan penerbangan (detail penerbangan: nama maskapai penerbangan, jadwal keberangkatan, harga tiket, dan lain-lain). bisa Anda lihat di halaman hasil penelusuran.
  5. Isi data kontak dan penumpang
    Seusai pilih penerbangan Anda, isi data pemesanan yang bisa dikontak dan data penumpang yang pergi.
    Anda juga bisa menambah asuransi perjalanan langsung ke pesanan Anda.
  6. Melakukan pembayaran
    Bermacam sistem pembayaran tersedia, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.
  7. E-tiket dikirim
    Sesudah pembayaran sukses diterima, e-tiket resmi Traveloka akan kami kirimkan ke alamat e-mail Anda dalam maksimal 60 menit.

2. Tiket.com

  1. Unduh aplikasi Tiket.com
  2. Pilih menu pesawat
  3. Mencari penerbangan
  4. Pilih penerbangan (Tiket.com menampilkan penawaran terbaik dari tiap maskapal pada jalur penerbangan yang Anda tentukan. Pilih sesuai jadwal penerbangan, sarana dan harga yang Anda inginkan)
  5. Detail data penumpang (kelengkapan data diri penumpang membantu Anda dalam kenyamanan perjalanan. Karena itu, janganlah lupa untuk mengisi data diri penumpang yang akan pergi dengan lengkap dan benar)
  6. Pembayaran (Bermacam jenis sistem pembayaran sudah tiket.com siapkan untuk keamanan dan kenyamanan transaksi Anda. Pilih sistem pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda)
  7. Pengiriman tiket pesawat (sesudah pembayaran sukses diterima, Anda akan menerima SMS dan e-mail berisi detail tiket pesawat secara instant maksimal dalam 60 menit)

3. Pegipegi

  1. Unduh aplikasi Pegipegi
  2. Pilih menu pesawat
  3. Mencari penerbangan (lewat penelusuran Anda di halaman muka tiket pesawat Pegipegi dan masukan beberapa data penerbangan yang dibutuhkan)
  4. Tentukan penerbangan (di halaman hasil penelusuran, Anda dapat segera pilih penerbangan yang diharapkan. Tekan tombol “pesan tiket” untuk pesan penerbangan itu.
  5. Isi data contact dan penumpang (sesudah pilih penerbangan, Anda harus isi data pemesanan yang bisa dikontak dan data diri penumpang yang akan berangkat)
  6. Membayar (tentukan dan klik sistem pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda)
  7. E-Ticket dikirim

Kelebihan Membeli Tiket Pesawat Secara Offline dan Online

Offline

  • Minim penipuan: Calon penumpang langsung bertandang ke kantor maskapal atau travel agen untuk lakukan transaksi bisnis
  • Transaksi bisnis lebih aman: Transaksi bisnis dilaksanakan langsung dan pembayaran secara tunai
  • Kekeliruan tehnis gampang langsung diperbaiki, misalkan ada kekeliruan pada nama, karena itu proses penggantian gampang karena bisa dilaksanakan selekasnya pada tempat

Online

  • Irit waktu dan efektif, calon penumpang tidak perlu repot pergi keluar dari rumah
  • Mudah mengawasi gerakan harga dan promosi: Lewat pembelian secara online, calon penumpang dengan gampang memperoleh penawaran potongan harga yang cukup menarik atau sesuaikan sendiri waktu keberangkatan pada harga tiket

Kekurangan Membeli Tiket Pesawat Secara Offline dan Online

Offline

  • Boros waktu: calon penumpang pasti harus menyempatkan diri untuk bertandang ke kantor maskapal atau kantor biro travel di sejumlah posisi di tempat
  • Masalah tehnis: seperti maskapal atau biro travel yang tutup makin menghabiskan waktu dan energi calon penumpang
  • Beresiko kehilangan: Tiket fisik yang diberi lebih cepat memungkinkannya kehilangan yang semakin tinggi

Online

  • Mempersulit kelompok tertentu: Untuk orangtua apa lagi lansia, atau orang yang tidak pemula teknologi cara ini jadi susah dipakai
  • Keamanan transaksi bisnis: pembayaran lewat virtual lewat kartu credit sampai transfer bank tidak kurang aman dari pembayaran secara tunai
  • Riskan penipuan: ramai situs penipuan yang seperti situs maskapal besar sampai startup travel yang menyebabkan pemakai pemula gampang tertipu

Nah, sesudah ketahui tahapan-tahapan atau cara pesan tiket pesawat secara offline dan online, karena itu diinginkan calon penumpang bisa pilih sesuai keperluan semasing.

Janganlah lupa perlihatkan boarding pass ke petugas untuk calon penumpang yang beli lewat online, dan untuk yang beli tiket pesawat lewat cara offline, janganlah sampai tiket ketinggal di dalam rumah ya.

Leave a Comment