Curug Cibareubeuy Subang : Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas

Jogjawae.com, Curug Cibareubeuy merupakan salah satu wisata subang yang paling populer. Popularitas tersebut terlihat dari banyaknya akun media sosial yang mengunggah potret keindahan wisata subang ini. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan ketika Kamu mengunjungi Curug Cibareubeuy, dimulai dari keberadaan kampung senyum, menara Curug Cibareubeuy dan lain-lain.

Tidak seperti wisata Subang lainnya, untuk sampai ke lokasi Curug Cibareubeuy Subang ini kamu perlu sedikit perjuangan. Sebab akses menuju cibarebeuy terbilang lumayan melelahkan.

Namun jangan khawatir, rasa lelah tersebut tidak akan terasa, karena sepanjang perjalananmu akan menjadi cerita petualangan seru bersama teman atau keluargamu. Selain itu, rasa lelahmu akan terbayar lunas tuntas oleh keindahan Curug Cibareubeuy.

Curug Cibareubeuy merupakan salah satu wisata terdekat air terjun subang yang semakin hits di berbagai media social. Terutama di Instagram. Popularitas curug Cibareubeuy semakin populer. Banyak dari pengguna Instagram mengunggah foto mereka dengan menggunakan hashtag #curugcibareubeuy.

Disertai dengan berbagai caption menarik yang mengungkapkan kesenangan mereka setelah berkunjung ke Curug Cibareubeuy. Wajar saja jika seperti itu, pasalnya curug ini mempunyai spot foto yang luar biasa indah.

Keindahan tersebut dapat dilihat dari bawah curug. Dimana Kamu bisa berfoto ria dengan latar belakang curug setinggi 40 meter dengan kolam penampung air dibawahnya. Selain itu vegetasi yang cukup lebat membuat suasana fotomu semakin mantap.

Curug Cibareubeuy
Curug Cibareubeuy

Pada saat itu juga Kamu akan merasakan suasana alam yang menyegarkan, menyejukan, membangkitkan energi dan memberi efek menenangkan. Hal terpenting ketika kamu berkunjung kesini adalah agar tetap menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, selalu berhati-hati jaga keselamatan diri sendiri dan juga keselamatan orang lain.

Harga Tiket Masuk Curug Cibareubeuy

Untuk bisa menikmati wisata alam Curug Cibareubeuy. Kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/ orang.

Lokasi Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy terletak di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Secara administratif, Kawasan tempat wisata ini dikelola oleh pemerintah dibawah pengawasan Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten.

Google Maps: Lihat disini.

Akses Ke Curug Cibareubeuy

Diantara Curug Ciangin, Curug bentang, Curug Cijalu, Curug Cileat. Wisata Curug Cibareubeuy merupakan wisata air terjun subang yang lokasinya tak terlalu jauh dari pemandian air panas sari ater. Namun ada yang bilang akses menuju curug cibarebeuy itu sulit, sebab curug ini terletak di tempat yang lumayan terpencil.

Tapi sebetulnya bagi mereka yang tau arah ke curug Cibareubeuy, itu mudah. Kuncinya adalah desa cibeusi. Dimana Kamu harus menemukan Desa Cibeusi terlebih dahulu.

Bagi yang ingin berkunjung ke Curug Cibareubeuy bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Tapi sebelum sampai menuju lokasi curug kendaraan harus di parkir di tempat parkir yang telah disediakan. Dan sisa perjalan harus di tempuh dengan berjalan kaki.

Rute Menuju Curug Cibareubeuy

Bagi yang memulai perjalanan ini dari Bandung akan lebih mudah. Sebab kawasan wisata curug Cibareubeuy ini sangat dekat dengan pemandian air panas Sari Ater.

Adapun rutenya yaitu Bandung – Lembang – Jl. Raya Tangkuban Perahu – Sariater – Cibeusi.

Untuk mempermudah perjalanan yang harus diingat adalah pemandian air panas Sari Ater. Dari wisata pemandian air panas tersebut langsung saja ambil arah kanan menuju Desa Cibeusi. Dari pintu masuk Sariater ke Desa Cibeusi jaraknya kurang lebih sekitar 3 KM. Nah, di Desa inilah Kamu harus berhenti dan memarkirkan kendaraanmu.

Baca Juga: Destinasi Tempat Wisata di Malang

Sekarang lanjutkan perjalananmu dengan berjalan Kaki. Seperti disinggung sebelumnya, bahwa perjalanan ini lumayan melelahkan. Dimana Kamu harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 2 KM ke arah bukit kecil dimana curug Cibareubeuy berada.Dan sekarang Kita akan menyinggung kembali tentang kampung Senyum, Menara Cibareubeuy, Harga Tiket dan segenap fasilitas yang ada.

Sejarah Kampung Senyum Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy Ciater Subang
Curug Cibareubeuy Ciater Subang

Kampung Senyum terletak di Desan Cibareubeuy, Desa cibesi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Dari beberapa sumber disebutkan, penamaan kampung senyum merupakan pesan dari orang tua pendiri objek wisata Kampung Senyum. Rosid atau akrab disapa Mang Ocid.

Beliaulah yang mendirikan Kampung senyum seorang diri sejak tahun 2000 silam. Mang Ocid berkeyakinan bahwa Suatu saat nanti Kampung senyum akan dikenal oleh masyarakat sebagai wisata alternative di Subang. Dan pada akhirnya sekarang apa yang diyakinkan Mang Ocid dulu menjadi sebuah kenyataan, dimana Curug Cibareubeuy dan Kampung Senyum saat ini telah dikenal oleh banyak orang.

Mereka yang datang tidak hanya dari daerah Jawa Barat saja, melainkan juga dari Kalimantan, manado, Sulawesi, Jawa tengah, Jawa Timur dan lain-lain. Bahkan sudah banyak wisatawan dari berbagai mancanegara seperti dari Malaysia, Swedia, Spanyol, Belanda, Arab dan lain-lain. Wisatawan mancanegara tersebut datang untuk menikmati suasana alam Kampung Senyum.

*Bagi Kamu yang berkunjung kesini jangan lupa untuk memukul kentongan bambu sebanyak 5 kali. Kentongan tersebut berada di pintu gerbang sebelum melintas jembatan bambu.

Menara Curug Cibareubeuy

Para wisatawan yang berkunjung ke Curug Cibareubeuy wajib hukumnya berfoto disini. Menara Curug Cibareubeuy yang semakin hits ini adalah sebuah gardu pandang Cibareubeuy, tepatnya Menara hist cibareubeuy ini berada di area wisata pandawa 5 sebelum Curug Cibareubeuy.

Fasilitas Curug Cibareubeuy

Dilihat dari fasilitas sarana dan prasarana, Di Curug Cibareubeuy Subang ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, bisa pesan nasi liwet dan di kawasan kampung senyum sendiri terdapat 16 saung khas sunda yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat para wisatawan., kemungkinan saung-saung tersebut akan dibangun lagi lebih banyak demi kenyaman pengunjung.

Leave a Comment