Indahnya Objek Wisata Embung Kledung Temanggung

Jogjawae.com, Embung Kledung Temanggung ialah spot terbaik untuk menyaksikan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di area perbukitannya. Bahkan juga ada yang memperbandingkan panorama embung berdasar gunung Sindoro sisi Selatan ini dengan panorama Danau Kawaguchi berdasarkan Gunung Fuji.

Embung ialah kata yang dipakai orang Jawa untuk menyebutkan waduk atau bendungan penampung air. Embung ini dibangun di sisa tempat tembakau dan memiliki luas seputar 83×83 mtr.. Embung Kledung di Temanggung tidak cuman befungsi sebagai bendungan air dan budidaya ikan saja, tetapi bisa juga sebagai tempat wisata.

Panorama yang disuguhi ialah background Gunung Sumbing yang demikian elok. Tidaklah aneh banyak pelancong lokal atau luar kota yang bertandang. Selain itu, Rekan Pelancong akan disuguhi dengan panorama Gunung Sindoro yang tidak kalah elok.

Karena ada di kaki gunung, tempat wisata ini berasa sejuk serta condong dingin saat pagi hari. Pengunjung disarankan untuk menggunakan baju tebal seperti jaket saat bertandang. Selain itu, untuk kamu yang menyukai memburu panorama sunrise, tempat ini bisa saja opsi yang tepat.

Daya Tarik Embung Kledung Temanggung

Apasih yang membuat Embung Kledung di Temanggung ini begitu ramai pengunjungnya? Bahkan tidak jarang wisatawan dari luar daerah juga singgah kesini. Berikut ini daya tarik yang di sajikan oleh Embung Kledung Temanggung.

1. Miniatur Danau Kawaguchi Jepang

Salah satu daya tarik tempat wisata alam ini ialah sunrise-nya. Daya tarik matahari keluar dari peraduannya itu jadi hal yang paling ditunggu pencinta pagi. Di Embung Kledung, keelokan itu semakin berasa memesona dengan formasi alam yang eksotis.

Keelokan alam di Embung Kledung betul-betul memesona beberapa pengunjungnya. Karena sangat eloknya, ada di Embung Kledung terasa di bawah kaki Gunung Fuji, Jepang. Hal tersebut sebab latar belakang Gunung Sumbing dan Sindoro sama seperti situasi Gunung Fuji.

Saat apda event yang pas, photo yang diambil di embung akan tampilkan bayang-bayang gunung sumbing di atas airnya. Benar-benar serupa dengan foto bayang-bayang gunung fuji di danau Kawaguchi Jepang.

2. Camping di Embung Kledung

Untuk pengunjung yang ingin rasakan pengalaman camping yang hebat dan cukup unik dapat membuat tenda dan kemping di sejumlah spot yang menarik. Tak perlu sangsi untuk membuat tenda, sebab sejumlah besar pengunjung pada tempat ini ialah backpacker yang menyukai nikmati alam sekalian membuat tenda.

Sebagai teritori wisata alam, pengurus sediakan aktivitas yang terkait dengan alam. Salah satunya aktivitas alam di Embung Kledung ialah camping atau kemping. Tak perlu resah bila tidak mempunyai tenda kemping, sebab pengurus telah menyiapkannya.

Seharusnya meminta ijin dahulu pada pengurus saat sebelum memilih untuk camping di sini. Kemudian, pengunjung dapat sewa tenda di loket pengamanan. Pembayaran sewa tenda dapat dilaksanakan esok sesudah acaranya campingnya usai.

3. Memberikan Makan Ikan

Indahnya Objek Wisata Embung Kledung Temanggung

Aktivitas menarik yang lain yang dapat dilaksanakan di Embung Kledung ialah memberikan makan ikan. Bermacam ikan hias air tawar penuhi telaga yang paling luas ini. Supaya lebih senang, pengunjung dapat bawa makanan ikan sendiri dari rumah.

Di waduk yang penuh berisi air ini ada ikan koi yang banyaknya capai beberapa puluh. Jika ingin hasil bidikan nampak makin bagus, berikan makan ikan lebih dahulu supaya ikan nampak di atas air dan nampak dipotret anda.

Jika bertandang ketika cuaca sedang ceria, nampak gunung Sindoro di atas air laut dan tentunya bidikan photo hasilnya makin prima. Di atas air akan mucul bersamaan di antara iakan yangs ednag berebutan makanan dan bayang-bayang gunung berupa kerucut.

4. Spot Foto Embung Kledung Temanggung

Tempat wisata yang ini benar-benar sangat menunjukkan keelokan panorama alam. Oleh karena itu bermacam spot photo elok juga menyengaja dibikin di sini. Supaya pelancong dapat lebih gampang untuk ambil gambar yang mengagumkan.

5. Ayunan Embung Kledung Temanggung

Ayunan Embung Kledung Temanggung

Tidak seperti ayunan umumnya, pengunjung akan rasakan kesan berlainan saat berayun di sini. Bagaimana tidak, pengunjung akan berayun di tepi telaga dengan latar belakang gunung yang elok. Mode ayunan yang ada di sini juga lain dibanding lainnya.

Tidak cuman dapat dinaiki satu orang, ayunannya dapat untuk dua orang sekalian. 2 orang berayun tidak sama-sama berjejeran, tetapi berhadap-hadapan. Sebab mode ayunannya seperti kursi di kafe, di mana selain kursi ada pula mejanya.

Untuk pengunjung yang takut ketinggian, ayunan ini kemungkinan cukup kuras adrenalin. Rasa takut saat naiki ayunan akan lunas terbayar dengan kesan yang didapatkan. Yakinkan berpose di atas ayunan, tanpa atau dengan makanan, semua akan nampak eksotis.

6. Bersantai di Hammock

Bila duduk di ayunan kurang menarik, pengunjung dapat coba hammock pada tempat ini. Tetap dengan panorama menghadap gunung dan bergelantungan di atas tepian telaga. Kesan ini bisa menjadi peristiwa tidak terlewatkan yang penting didokumentasikan.

Sisi tepi telaga Embung Kledung disiapkan beberapa tempat duduk. Pengunjung dapat bebas duduk sekalian melihat telaga dengan latar belakang gunung. Dengan demikian, keasirian tempat ini akan makin berasa.

7. Tangga Warna-Warni EMbung Kledung

Untuk menyaksikan panorama pokok dari tempat ini, pengunjung perlu jalan kaki ke atas. Pengunjung akan melalui jalan setapak berupa tangga yang berwarna-warni. Di sejauh jalan itu ada bermacam tanaman yang percantik situasi.

Tidak boleh terlewat peristiwa khusus ini tanpa mendokumentasikannya ke photo. Berpose dengan tangga beragam warna dan tanaman pasti menyenangkan. Yang harus diingat, tidak dibolehkan menghancurkan tanaman apa lagi bisa buang sampah asal-asalan.

8. Rumah Pohon Embung Kledung Temanggung

Selain dari ayunan, pengunjung bisa juga nikmati panorama dengan situasi lain. Ada rumah pohon yang ada untuk pengunjung. Menyaksikan panorama dari rumah pohon pasti lebih hebat dan melawan.

9. Menyaksikan Perkebunan Holtikultura

Teritori wisata ini mempunyai perkebunan holtikultura yang mempersejuk mata. Bermacam buah dan sayur fresh membentang menanti untuk diambil. Tidak ketinggal pohon sebagai simbol Kabupaten Temanggung, yakni pohon jambu.

Lokasi Embung Kledung

Embung kledung berada di Jalan Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa tengah.

Maps: KLIK DISINI

Jalur Ke arah Embung Kledung

Bila pergi dari magelang, bus amnegambil jalan lajur magelang wonosobo lewat secang. Turuti lajur itu sampai hingga ke tepian kledung tepian wonosobo – temanggung. Di tepian itu ada pom bensin, sesudah pom bensin ada makam. Saat sebelum makam ada jalan setapak, di kanan jalan.

Jalan setapak itu adalah jalan ke arah embung kledung. Keadaan jaringnya masih batu-batuan, hingga harus sedikit waspada saat melaluinya. jarak dari gang masuk sampai lokasi embung kledung seputar 500 mtr..

Untuk jalur embung kledung dari wonosobo juga tidak berlainan. Pertama diambil lajur wonosobo temanggung lewat kretek. Sesampai di tepian temanggung wonsobo sesudah gapura ada kaburuan di kiri jalan. Masuk ke jalan setapak sesudah makam dan turuti sampai hingga ke embung kledung.

Jam Buka Embung Kledung

Tidak ada agenda sah berkenaan waktu kunjungan ke embung Kledung. Jadi secara tehnis tempat ini buka 24 jam. Apa lagi adanya sarana camping, karena itu resmilah lokasi ini buka 24 jam.

Harga Tiket Masuk Embung Kledung

Untuk harga tiket masuk embung kledung pada waktu itu ialah Rp 3.000 per-orang. Ditambahkan ongkos parkirkan 2000 rupiah untuk kendaraan roda dua.

Tetapi ingin kemping, ada tambahan ongkos tiket kemping sejumlah Rp 15.000 per-orang.

Fasilitas Embung Kledung

Pengurus sediakan bermacam sarana untuk menampung kenyamanan beberapa pengunjung saat di lokasi wisata ini. Antara sarana yang berada di Embung Kledung ialah masjid dan toilet. Pengurus tidak sediakan homestay untuk bermalam, tetapi dibolehkan camping di sini.

Objek Wisata Sekitar Embung Kledung Temanggung

Tidak jauh dari Embung Kledung, cuman memiliki jarak kurang dari 6 km, ada wisata alam Posong. Padang safana ini adalah belahan tengah tengah di antara gunug sindoro dan gunung sumbing. Ke-2 gunung terlihat cantik bila dipandang dari dari teritori wisata alam posong.

Jika bertandang ke tempat di saat sore hari, akan disuguhi panorama golden sunset dengan sinaran yang memotong ke-2 gunung itu. Untuk pengunjung yang ingin coba situasi lain dari wisata ini, dapat coba fliying fox di seputar tempat.

Selain embung Kledung, temanggung mempunyai Embung Tlogopucang. Ke-2 embung ini terpisah jarak sepanjang 35 km. Tidak cuma surga untuk pencinta photografi, embung Tlogopucang tempatnya pelancong yang menyukai dengan alam. Pengunjung dapat menginap dan membuat tenda di tempat kemping.

Jadi bagaimana? Ingin tahu dengan kolam bikinan yang elok dan eksostis ini. Yok angkat ransel, Embung Kledung menunggumu!