Keindahan Alam Umbul Pengging Boyolali

Jogjawae.com, Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan apalagi lokasi tersebut berupa pemandian. Salah satu wisata pemandian atau umbul yang berada di Kabupaten Boyolali, adalah Umbul Pengging. Objek wisata tersebut sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar daerah. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi saat musim liburan tiba apalagi saat musim kemarau. Kesegaran objek wisata pemandian, dapat menghilangkan rasa panas saat musim kemarau seperti saat ini. Lokasi Objek wisata Umbul Pengging ini terletak di Desa Dukuh Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Umbul Pengging Boyolali

Fasilitas Wisata Umbul Pengging Boyolali

Di Lokasi Objek wisata terdekat Umbul Pengging memiliki tiga macam kolam diantaranya : Umbul Ngabean, Umbul Temanten, Umbul Sungsang. Pada area Umbul Tematen memiliki bentuk persegi panjang dengan kedalaman sekitar kurang lebih 50 – 170 cm. Di area pemandian ini terdapat sebuah pemandian khusus usia anak-anak, dengan dilengkapi fasilitas berupa permainan bola – bola serta pelampung. Selain itu, pada kolam tersebut dilengkapi dengan fasilitas ruang ganti serta kamar bilas dengan jumlah sekitar 24 ruangan.

Fasilitas Wisata Umbul Pengging Boyolali

Sensasi Berenang di Umbul Ngabean

Kolam yang ke 2 bernama Umbul Ngabean. Kola mini memiliki bentuk bulat dengan kedalaman sekitar 150 cm. Kolam tersebut biasanya digunakan bagi pengunjung usia dewasa. Para pengunjung dapat berenang dengan leluasa di kolam ini, dikarenakan kedalaman air di kolam ini sama dari segala bagian sisi – sisinya.

Baca Juga: Destinasi Tempat Wisata di Samarinda

Setelah merasa lelah berenang, para pengunjung dewasa dapat bersantai – santai di gazebo yang berada di sebelah timur kolam dari Umbul Nagbean ini. Di gazebo tersebut, pengunjung yang beristirahat dapat menikmati pemandangan taman yang sangatrapi di seisi bagian pinggiran kolam Umbul Ngabean ini.

Sensasi Berenang di Umbul Ngabean

Tradisi Kungkum Umbul Sungsang

Kolam yang ke 3 sangatlah menarik, kolam tersebut memiliki nama Umbul Sungsang. Selain memiliki keindahan taman, di kolam Umbul Sungsang ini juga memiliki sebuah kesgaran air yang sangat berbeda dengan umbul – umbul yang lainya. Di area tempat wisata Umbul Sungsang ini pengunjung dapat mengikuti tradisi berendam yang diselenggarakan secara rutin oleh masyarakat sekitar.

Menurut cerita masyarakat sekitar, lokasi ini merupakan tempat laku batin Berendam atau Kungkum bagi masyarakat sekitar objek wisata tersebut serta masyarakat berasal dari luar kota di wilayah Jawa Tengah. Tradisi Kungkum tersebut diselenggarakan tiap malam Jumat Pahing serta dimulai pukul 24.00 sampai pukul 03.00 WIB. Untuk mengikuti tradisi Kungkum ini para pengunjung yang ikut serta dalam tradisi tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun.

Tradisi Kungkum Umbul Sungsang

Biaya Masuk Lokasi Wisata Umbul Penging

Biaya masuk lokasi wisata Umbul Penging, sekitarRp 2.000,- per – orang atau Rp 3.000,- pada saat hari libur. Pada tiap – tiap Umbul pengunjung juga harus membayar tiket seiktar Rp.1000 per –orang. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan dan selamat berwisata.