5 Macam Kuliner Bogor Dengan Cita Rasa Unik

Jogjawae.com, Kuliner Bogor Dengan Cita Rasa Unik – Tidak hanya Bandung yang kesohor dengan kulinernya yang lezat, Bogor yang dikenal sebagai kota hujan pun menawarkan aneka kuliner khas nan nikmat. Anda yang akan berkunjung ke kota berhawa sejuk ini jangan lupa sesampainya di sana untuk berburu 5 Macam Kuliner Bogor Dengan Cita Rasa Unik berikut ini :

1. Bapatong

bapatong bogor
Bapatong Bogor

Nama yang aneh untuk sebuah makanan. Namun ternyata Bapatong adalah : Bakso Kupat Gentong. Cara menyajikannya yaitu ketupat diiris dadu yang kemudian dihidangkan bersama bakso plus potongan iga sapi. Terakhir disiram dengan kuah bakso panas. Untuk menu ini anda bisa berkunjung ke Jalan Pangrango No.1 Bogor.

2. Toge Goreng

Toge Goreng
Toge Goreng

Kendati namanya toge goreng namun cara pengolahannya ternyata jauh dari acara digoreng sebab toge yang digunakan malah direbus. Rebusan toge kemudian ditambahkan mi dan potongan tahu goreng. Adonan selanjutnya diguyur bumbu kental yang dibuat dari oncom dan tauco dengan tambahan kecap manis. Cita rasanya segar nikmat sedikit manis dan juga asin. Menu yang satu ini kadang juga masih ditambahkan irisan ketupat sebagai pelengkapnya. Disantap dalam kondisi masih hangat.

3. Laksa Bogor

Laksa Bogor
Laksa Bogor

Laksa berarti banyak dalam bahasa Sanksekerta. Memang benar sebab Laksa memang butuh banyak bumbu. Kekhasan laksa bogor yakni dari campuran oncom dan juga menggunakan irisan ketupat, lontong atau bihun. Selain itu Laksa bogor pun ditambahkan toge plus daun kemangi segar.

Kuah memakai santan kelapa berikut parutan kelapa yang juga diikutkan ke dalamnya. Wajar jika kuahnya agak sedikit kasar. Pelengkap lain adalah telur rebus, tahu kuning serta serundeng. Penjual Laksa Bogor yang terkenal bisa anda datangi di Gg Aut, Jl Suryakencana.

4. Cungkring

Cungkring Bogor
Cungkring Bogor

Mendengar kata cungkring, yang tergambar dipikiran kita adalah orang dengan tubuh tinggi namun kurus kering. Akan tetapi di Bogor bisa jadi lain artinya sebab Cungkring adalah kuliner khas Bogor yang terdiri irisan kikil serta bagian kepala sapi yang diolah menggunakan bumbu kuning kemudian disiram bumbu kacang manis.

Cungkring dalam bahasa Sunda memang berarti kikil sapi. Sajian serupa sate tersebut umumnya dimakan bersama nasi ketan yang diberi parutan kelapa. Namun boleh juga dinikmati dengan oncom goreng atau tempe goreng. Menu kuliner Cungkring ini lazimnya dihidangkan menggunakan pincuk daun pisang. Kuliner Bogor yang khas ini pun bisa dijumpai di Gg Aut, Jl Surya Kencana, Bogor.

5. Asinan Bogor

Asinan Bogor
Asinan Bogor

Asinan merupakan langkah mengawetkan jenis makanan tertentu dengan merendamnya dalam larutan air garam atau air gula. Biasanya sayur dan buah lah yang sering dibuat asinan. Cara menyajikan asinan biasanya dengan kuah asam manis bercampur pedas yang nikmat. Asinan Bogor sendiri sudah sangat terkenal dengan kelezatannya.

Hampir di setiap sudut kota Bogor banyak ditemui penjual asinan Bogor,namun yang paling terkenal danbanyak dikunjungi para pelancong adalah toko Asinan Sedap Gedung Dalam yang beralamat di Jalan Siliwangi No. 27C, Sukasari. Harganya cukup murah, hanya dengan Rp.20 ribu anda sudah bisa membawa oleh-oleh khas ini.

Demikianlah tadi 5 Macam Kuliner Bogor Dengan Cita Rasa Unik yang tak boleh anda lewatkan untuk mencicipinya ketika singgah dikota Bogor. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat, dan selamat berlibur !!

Leave a Comment