Melihat Eksotisme Tebing di Lembah Harau Sumatera Barat

Jogjawae.com, Siapa sih yang tidak kenal dengan provinsi Sumatera Barat, salah satu provinsi yang berada di Indonesia ini selain kaya akan budaya namun juga kaya akan destinasi wisata yang indah. Salah satu kotanya Payakumbuh, Sebuah kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat ini kaya akan potensi destinasi wisata yang menjadi peluang daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing.

Selain kita dapat berwisata kuliner (Nasi Padang) kita juga dapat mengunjungi tempat tempat wisata paling cantik yaitu Lembah Harau, banyak orang yang bilang bahwa lokasi ini merupakan surganya para pencinta Pemanjat Tebing se-Indonesia.

Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat liburan di Kota Payakumbuh, yaitu Lembah Harau. Lokasi Lembah Harau ini tepatnya terletak di Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Lembah Harau Sumatera Barat merupakan salah objek wisata terdekat yang menawarkan pemandangan tebing menjulang tinggi nan hijau yang ada di Kota Payakumbuh. Jarak tempat wisata ini dengan Kota Payakumbuh cukup dekat, hanya sekitar 15 Kilometer dari Utara Kota Payakumbuh. Apabila kamu berwisata ke Lembah Harau dari Kota Payakumbuh, akan menempuh waktu perjalanan hingga 1 jam saja.

Konon sejarah tempat ini dulunya merupakan laut, diceritakan bahwa batu-batu yang Terdapat di Lembah Hijau merupakan batuan laut. Apabila kamu berkunjung kesini, kamu dapat melakukan berbagai hal menarik di Lembah Harau, berikut Hal Menarik Saat berwisata ke Lembah Harau.

Bila ingin berwisata ke tempat wisata Lembah Harau, rekomendasi transportasi serta waktu yang cocok untuk berkunjung ke lokasi wisata ini pada saat musim kemarau, dan menggunakan moda transportasi Mobil. Namun, jika kalian berasal dari luar kota bahkan luar pulau, kalian dapat menyewa atau rental mobil disekitar kota Payakumbuh.

Lokasi Lembah Harau Sumatera Barat

Lokasi Lembah Harau berada di Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Google Maps: Lihat Disini.

Rute Menuju Lembah Harau

Rute menuju Lembah Harau jika kamu bergerak dari Bukittinggi akan menempuh jarak sekitar 47 km, dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Payakumbuh.

Selanjutnya kamu tinggal melanjutkan perjalanan menuju Lembah Harau. Jalan yang dilalui sudah mulus dan mudah untuk dilalui.

Jam Buka Lembah Harau

Jam operasional Lembah Harau dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Jadi kamu dapat menikmati keindahan Lembah Harau kapan saja.

Harga Tiket Masuk Lembah Harau

Harga tiket masuk Lembah Harau cukup murah yaiut sekitar Rp. 5.000 saja per orangnya. Harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang luar biasa tersebut.

Fasilitas Lembah Harau

Fasilitas umum yang ada di Lembah Harau diantaranya:

  • Tempat memakirkan kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Area Camping
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Penginapan atau Home Stay

Tiket Lembah Harau

Tiket masuk Lembah Harau cukup membayar sekitar Rp. 5.000 saja per orangnya. Harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang luar biasa tersebut.

Kegiatan Wisata di Lembah Harau Payakumbuh

Banyak hal yang dapat kamu lakukan ketika berada di Lembah Harau Payakumbuh, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Berfoto Dengan Latar Belakang Rumah Gadang

pedesaan di lembah harau payakumbuh
Rumah Gadang di Lembah Harau

Rumah Gadang merupakan Rumah adat khas Sumatera Barat, Di Lembah Harau kamu dapat berpuas diri mengabadikan setiap momen dengan latar belakang Rumah Gadang.

2. Bermain di Air Terjun Sekitar Lembah Harau.

Tidak lengkap rasanya bila kita tidak mencoba berbasah-basahan di Air Terjun Lembah Harau, selain mengasyikkan kita juga dapat mengabdikan momen tersebut dengan kamera. Dan membagikannya ke Sosial Media, selain itu kita juga dapat pendongkrak perekonomian warga sekitar.

3. Memanjat Tebing di Lembah Harau

Kondisi geologi Lembah Harau sangat cocok untuk dijadikan arena untuk memanjat tebing, pasalnya banyak yang bilang bahwa tempat ini juga sangat cocok digunakan oleh profesional bahkan para pemula.

Baca Juga: Destinasi Tempat Wisata di Bandung

Pastikan bahwa kalian sudah terlatih dan menggunakan prosedur keselamatan yang baik dan benar.

4. Menikmati Pemandangan Hamaparan Hijau persawahan.

Tak sekedar mekakukan kegiatan panjat tebing, disekitar Lembah Harau ini memiliki hamparan sawah yang luas dan juga hijau, sangat cocok bila dijadikan tempat refreshing atau menyegarkan mata.

5. Berburu Sunset di Kalangan Sore hari.

Memang tiada duanya bila kita membahas tentang indahnya sunset, selain sedap dipandang, Sunset juga sering di buru sebagai objek para fotografer handal. Anda dapat mengabadikan keindahan sunset di Lembah Harau ini menjadi latar belakang foto kamu saat berwisata di Lembah Harau

6. Bermain Perahu Seperti di Eropa

Di lokasi Lembah Harau ini anda dapat menjumpai sebuah sungai buatan kecil, dan ditambahkan sebuah jembatan, dimana jembatan di sungai kecil ini menjadi tempat yang paling bagus dijadikan sebagai latar belakang selfie kamu.

7. Berfoto Musim Gugur Ala Korea

kampung eropa lembah harau payakumbuh
Kampung Eropa Lembah Harau

Siapa sih yang tidak kenal dengan Korea? Khususnya korea Selatan, selain terkenal akan K-Pop nya, Korea Selatan juga banyak digunakan untuk berfoto ria, seperti berfoto di musim gugur. Tentunya, jika kalian berkunjung ke Lembah Harau, kalian juga dapat berfoto ala Korea juga loh, berlatar belakang dengan Rumah Gadang serta pohon yang gugur, cocok banget berfoto ala Korea di Lembah Harau Sumatera Barat.

Leave a Comment