Pantai Carita Anyer Banten, Harga Tiket Masuk, Lokasi & Penginapan

Jogjawae.com, Salah satu wisata pantai yang cukup populer yang terletak di ujung sebelah barat Pulau Jawa yaitu Pantai Carita. Pantai Carita bisa menjadi destinasi untuk mengisi waktu liburan. Pantai ini menyajikan pemandangan yang eksotis dan mempesona.

Kawasan wisata yang terbentang seluas 2.5 hektar ini memiliki beragam fasilitas yang bisa dicoba ketika berkunjung. Lokasinya tidak jauh dari Jakarta sehingga mudah untuk disambangi oleh para warga ibukota. Untuk melepas rasa penasaran kalian, kami akan sajikan informasi seputar objek wisata Pantai Carita Anyer Banten.

Tentang Pantai Carita

Pantai Carita Anyer Banten
Pantai Carita Anyer Banten

Objek wisata Pantai Carita Anyer Banten  ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 440/kpts/UM/1978 tertanggal 15 Juli 1978. Pantai ini merupakan pantai pasir putih dengan hamparan tepian landai. Pantai ini memiliki ombak yang lembut dan tenang..

Pantai Carita terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Pantai Carita KM 10, depan Wana Wisata Perhutani Carita. Pantai ini memiliki lokasi yang mudah diakses dari kota besar seperti Jakarta dan Tangerang.

Pantai yang dengan hamparan pasir putih yang luas ini memiliki lanskap Gunung Krakatau yang mencuat dari kejauhan. Pantai ini menyimpan kekayaan satwa mulai dari kera ekor panjangg, lutung, alap-alap, burung elang, biawak, dan ular sanca. Satwa tersebut dilindungi oleh hutan lindung di sekitar pantai.

Pantai Carita memiliki cerita pada masa lalu. Dahulu, ketika jaman penjajahan Hindia Belanda, pantai ini menjadi tempat penyiksaan warga pribumi tepatnya sekitar tahun 1809 sampai 1810.  Warga pribumi dipaksa untuk bekerja dari pagi hingga malam hari.

Setelah itu, mencuat kabar kawasan tempat wisata ini menjadi angker dan semakin menjadi ketika Gunung Krakatau meletus dengan dahsyatnya pada sekitar tahun 1883. Mitos disini pun terus berkembang setelah meletusnya Gunung Krakatau.

Rute Pantai Carita

Pantai yang terletak di Kecamatan Carita, Sukarame, Pandeglang, Banten ini dapat dikunjungi melalui dua rute alternatif. Rute yang pertama yaitu dari arah Jakarta, lalu menuju tol Merak sampai wilayah Serang. Perjalanan dilanjutkan menuju Kota Pandeglang hingga sampai di daerah Labuhan.

Lokasi Pantai Carita Anyer Banten tidak jauh dari Labuhan, wisatawan bisa mengikuti papan petunjuk jalan yang tersedia untuk mencapai lokasi objek wisata. Rute kedua yaitu dari arah Jakarta lalu menuju ke Serang menggunakan perlintasan tol Merak dilanjutkan ke arah Palima lalu Batukuwung hingga Pantai Carita.

Untuk akses jalan, wisatawan tidak perlu khawatir karena kondisi jalan menuju objek wisata di Anyer sudah bagus walaupun terbilang jauh dari kota. Hal ini memudahkan wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Carita Anyer Banten

Harga Tiket Masuk Pantai Carita
Harga Tiket Masuk Pantai Carita

Wisatawan yang memasuki kawasan Pantai Carita Karang Sari akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp15.000,00 per orang. Rombongan wisata yang menggunakan bus besar dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp800.000,00 sudah termasuk peserta dan asuransi jiwa.

Sedangkan rombongan wisata yang menggunakan mikro bus dikenai tiket masuk Rp400.000,00. Bagi  yang ingin booking area akan dikenai biaya sebesar Rp50.000,00 dengan luas area 10 x 10 meter. Sementara biaya parkir untuk motor dan mobil yaitu sebesar Rp10.000,00 dan Rp15.000,00.

Pantai ini beroperasi dari pagi hingga malam hari. Namun, untuk pembelian tiket hanya bisa dilakukan hingga siang hari saja. Pengelola tidak melayani pembelian tiket pada malam hari.

Wahana Permainan dan Olahraga Air

Tidak hanya menyajikan pemandangan pantai yang menakjubkan, pantai ini juga menyediakan beragam wahana air yang patut untuk dicoba. Berikut ini adalah beberapa wahana permainan dan olahraga air yang tersedia di wisata terdekat Pantai Carita Anyer:

1. Banana Boat

Banana Boat
Banana Boat

Banana boat merupakan permainan air menggunakan perahu karet tanpa mesin yang memiliki bentuk seperti pisang. Banana boat cocok untuk dinaiki bersama teman atau saudara. Wisatawan yang ingin menaiki banana boat berkapasitas minimal 3 orang akan dikenai tarif Rp30.000,00.

Apabila ingin menaiki banana boat dengan kapasitas standar 5 orang, tarif yang akan dikenakan yaitu sebesar Rp25.000,00. Sementara itu, untuk kapasitas maksimal 7 orang akan dikenai tarif sebesar Rp20.000,00.

2. Jet ski

Wisatawan dapat menikmati serunya melintasi ombak-ombak tipis dengan menaiki jet ski. Tarif menaiki jek ski selama 1 jam yaitu Rp600.000,00. Tersedia juga dalam 30 menit sebesar Rp300.000,00 dan 15 menit sebesar Rp150.000,00.

3. Snorkling dan diving

Bagi yang ingin menikmati keindahan dari permukaan laut dapat mencoba melakukan snorkeling. Aktivitas ini cocok bagi penyelam pemula. Bagi yang sudah berpengalaman, bisa untuk mencoba diving. Fasilitas diving yang tersedia yaitu Krakatau Diving 1 hari.

Baca Juga: Destinasi Tempat Wisata di Palembang

Aktivitas ini cocok untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut mulai dari terumbu karang, ikan-ikan, dan anemo laut. Pantai yang menghadap langsung ke Selat Sunda ini memiliki kawasan laut sempit yang mengandung kekayaan biota laut dan terumbu karang yang menawan.

3. Spearfishing

Spearfishing merupakan aktivitas menangkap ikan dengan menggunakan tombak. Metode menangkap ikan dengan acra ini merupakan metode kuno yang digunakan oleh masyarakat Suku Bajo. Aktivitas ini dilakukan di kedalaman laut menggunakan senapan tombak yang bernama speargun.

Pantai Carita saat ini menyediakan paket tour spearfishing dengan berbagai titik tujuan. Paket ini dilengkapi dengan fasilitas yang beragam mulai dari speedboat, speargun set, masker, snorkl, dan fin, hingga lunchbox dan softdrink.

Harga paket tour spearfishing ini dimulai dari Rp4.300.000,00 hingga Rp4.900.000,00 selama satu hari dengan kapasitas 7 orang.

4. Sailing

Sailing
Sailing

Bagi wisatawan yang tidak hanya ingin bermain di pantai saja, bisa mencoba untuk berlayar mengarungi Selat Sunda sambil menikmati suasana laut dan indahnya pegunungan Carita sampai Anyer. Tujuan berlayarnya mulai dari Taman Laut Kabua (Lost Island), Pulau Burung, dan kawasan anak Krakatau.

Pengunjung tidak perlu khawatir apabila takut cedera atau kecelakaan ketika sedang bermain wahana air, karena disini tersedia Life Guard yang akan menjaga dan mengawasi keselamatan pengunjung selama berada di pantai.

Akomodasi dan Penginapan

Akomodasi dan Penginapan Pantai Carita
Akomodasi dan Penginapan Pantai Carita

Apabila wisatawan ingin bermalam di sekitar Pantai Carita, ada banyak tempat penginapan hotel, villa di Pantai Carita dan akomodasi yang tersedia disini, diantaranya:

  • Kondominium Pantai Carita
  • Hotel Desiana
  • Admiral Villa
  • Sunset View
  • Hotel Wira Carita
  • Parahiangan Villa
  • Krakatau Surf
  • Hotel Rakata
  • Mangris Villa

Lokasi hotel di Pantai Carita yang tersedia tidak telalu jauh dari pantai sehingga wisatawan tetap bisa menikmati suasana pantai di malam hari sambil melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menyalakan api unggun.

Biasanya juga terdapat beberapa hiburan malam untuk wisatawan, mulai dari live music, organ tunggal, fun game night, dan masih banyak lagi. hiburan tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan wisatawan.

Ada beberapa tips bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke kawasan objek wisata ini, yaitu berkunjunglah pada pagi hari untuk antisipasi kemacetan, jangan lupa menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan matahari, dan jangan lupa tanya harga sebelum makan.

Bagaimana, apakah Pantai Carita masuk dalam list liburan kalian? Semoga informasi ini bisa menambah referensi destinasi wisata kalian.

Leave a Comment