Mitos dan Keindahan Eksotis Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

Jogjawae.com, Mitos dan Keindahan Eksotis Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi – Pantai Pelabuhan Ratu merupakan sebuah pantai yang letaknya sekitar 60 km mengarah ke selatan dari kota Sukabumi. Pantai Pelabuhan Ratu merupakan salah satu tempat wisata yang dibanggakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Pelabuhan Ratu berlokasi di kecamatan Pelabuhan Ratu, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Pantai Pelabuhan Ratu terkenal sebagai tempat wisata yang memiliki pemandangan alam yang indah, udara yang sangat sejuk serta pasir yang menghampar luas.

Selain terkenal karena pemandangannya yang indah, Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi juga terkenal dengan pesta laut atau upacara laut dengan melarung kepala kerbau serta sesaji yang lain ke tengah laut. Tradisi pesta laut ini selalu diadakan setiap tanggal 5 April oleh para nelayan di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Saat pesta laut di selenggarakan, umumnya Pantai Pelabuhan Ratu menjadi tempat yang ramai sekali karena ada banyak kegiatan lainnya seperti lomba, bakti sosial serta pertunjukan hiburan seperti orkes, wayang maupun tari-tarian. Tradisi seperti ini diadakan selama 2 hari 1 malam.

Pantai Pelabuhan Ratu memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok sekali untuk olahraga selancar. Di Pantai Pelabuhan Ratu terdapat banyak lokasi-lokasi selancar yang sering dikunjungi oleh pecinta olahraga selancar, sepertiCimaja, Batu Guram, Karang Sari, Indicator, Karang Haji, Ombak Tujuh, Ujung Genteng serta Sunset Beach. Umumnya mereka mengunjungi tempat tersebut pada bulan Mei sampai Oktober.

Selain untuk berselancar, tempat wisata Pantai Pelabuhan Ratu memiliki keindahan alam berupa batuan karang yang menjorok ke laut. Umumnya para pengunjung yang hobbi memancing sering memancing di batuan tersebut.

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat
Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu berada di kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi pantai ini terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi.

Google Maps: Lihat.

Cara Menuju Ke Pantai Pelabuhan Ratu

Untuk dapat berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu, anda dapat memakai jasa angkutan umum yaitu bus dari terminal Bogor. Dari terminal Bogor, anda bisa naik bus jurusan Bogor – Sukabumi dengan tarif senilai Rp 15.000 per orang. Setelah anda sampai di terminal Sukabumi, anda bisa meneruskan perjalanan naik bus jurusan Sukabumi – Pelabuhan Ratu dan langsung turun.Harga Tiket Masuk ke Pantai Pelabuhan Ratu.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu

Anda akan dikenai tarif masuk senilai Rp 2000 per orang.

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Pelabuhan Ratu

pelabuhan ratu sukabumi
Pelabuhan Ratu Sukabumi

Di Pantai Pelabuhan Ratu terdapat aneka ragam fasilitas, seperti:

  • Taman bermain anak
  • Warung yang menjual aneka makanan dan minuman,
  • Tempat ibadah
  • Tempat untuk bersantai
  • Kios suvenir khas kota Sukabumi
  • Pos penjagaan
  • Peta informasi wisata

Samudera Beach Hotel Pelabuhan Ratu Sukabumi

Samudra Beach Hotel Pelabuhan Ratu
Samudra Beach Hotel Pelabuhan Ratu

Di sekitar wisata terdekat Pantai Pelabuhan Ratu terdapat sebuah penginapan yang bernama Samudera Beach Hotel yang letaknya sekitar 300 meter dari Pantai Pelabuhan Ratu. Di dalam hotel tersebut terdapat sebuah kamar yang khusus sebagai tempat persinggahan Ratu Laut Selatan atau Nyi Roro Kidul.

Selain diadakan pesta laut, di Pantai Pelabuhan Ratu juga ada ritual tahunan yang dilakukan oleh para penduduk sekitar pantai, yaitu ritual Ngabungbang atau mandi suci. Kata Ngabungbang berasal dari kata “Nga” yang artinya ngahijikan atau menyatukan serta kata “bungbang” yang artinya membersihkan atau membuang.

Ritual Ngabungbang dimakasudkan untuk melakukan mandi suci sebagai cara untuk menghilangkan berbagai unsur yang buruk secara lahir maupun batin. Selain itu tradisi Ngabungbang dilakukan sebagai sarana untuk memohon ampunan kepada Tuhan, meminta agar semua yang dicita-citakan terkabulkan dan mengharapkan peningkatan kualitas hidup. Tradisi Ngabubang diadalan pada malam hari ketika bulan purnama pada tanggal 14 bulan Maulud dan lokasinya di Sungai Cisukawayana sekitar kawasan Pantai Pelabuhan Ratu.

Menurut cerita penduduk setempat, tradisi Ngabungbang diciptakan oleh seseorang yang bernama Raja Hyang Brahma yang berasal dari Kerajaan Medang Gali pada tahun 175 sampai 205 Masehi. Kemudian ritual ini dilanjutkan oleh Prabu Siliwangi yang Kerajaan Padjajaran dan terus berkembang sampai sekarang.

Kawasan wisata Pantai Pelabuhan Ratu juga dilengkapi dengan tempat pelelangan ikan yang menjual berbagai macam ikan laut hasil tangkapan nelayan sekitar, seperti cumi-cumi, layur, bawal, cakalang udang dan lain sebagainya dengan kondisi yang masih segar.

Baca Juga: Destinasi Tempat Wisata di Palangkaraya

Setelah puas menikmati pemandangan di Pantai Pelabuhan Ratu, anda bisa singgah ke tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya bernama Pantai Karang Hawu yang letaknya sekitar 20 km dari Pantai Pelabuhan Ratu. Dan konon katanya, Pantai Karang Hawu merupakan lokasi istana Nyi Roro Kidul.

Pantai Karang Hawu merupakan sebuah pantai karang yang menjorok ke laut dan memiliki lubang pada beberapa bagian tertentu. Bentuk karangnya mirip sekali dengan tungku yang dalam bahasa Sunda disebut “Hawu”, Selain itu ada juga pantai lain seperti Pantai Cibareno, Cibangba, Cimaja, Citepus, Break Water, Kebon Kelapa serta Tenjo Resmi.

Tak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu kurang lebih berjarak 17 km, terdapat sumber air panas di Cisolok. Air yang ada di sumber air panas Cisolok mengandung belerang yang tinggi sehingga basik untuk kesehatan terutama untuk masalah kulit.

Di bagian pesisir kabupaten Sukabumi tepatnya di Pantai Pangumbahan Ujung Genteng terdapat lokasi untuk pengembangbiakan penyu. Dulunya penyu-penyu tersebut sering diburu oleh penduduk sekitar karena Sebagian warga disana masih belum tahu bahwa penyu merupakan hewan yang dilindungi. Tempat penangkaran ini dibuat untuk melindungi penyu yang ada di perairan laut.

Selain itu, di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi terdapat juga tempat penginapan seperti hotel maupun motel, mulai dengan tarif yang murah sampai kelas hotel berbintang. Disekitar tempat penginapan juga ada restoran.

Leave a Comment