Pantai Sendiki Malang : Lokasi, Harga Tiket, dan Spot Wisata

Jogjawae.com, Bagi anda yang mengaku sebagai anak pantai, kali ini kami akan membahas salah satu pantai di Indonesia tepatnya yang berada di Kota Malang. Pantai tersebut bernama Pantai Sendiki Malang, apakah anda sudah pernah berkunjung kemari? Bila belum, maka wajib rasanya untuk membaca beberapa ulasan kami di bawah ini.

Pantai sendiki adalah salah satudari beberapa pantai indah yang ada di Kota Malang, lebih tepatnya pantai ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Sendiki Malang ini memiliki udara yang sangat sejuk mengingat letaknya yang berada di dataran tinggi.

Pantai ini termasuk pantai yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Meski belum terkenal, pantai ini memiliki pesona yang menakjubkan. Anda akan dimanjakan oleh banyak hal bila anda berkunjung kemari. Anda cukup melaju sejauh 2 km saja dari Pantai Tamban, jalan yang digunakan memang masih merupakan jalan setapak. Selama perjalanan anda akan melalui beberapa lahan pertanian dan hutan yang tentunya akan menyejukkan mata.

Pantai Sendiki ini tepat besebelahan dengan Pantai Balekambang dan Sendang Biru, kedua pantai ini memang lebih populer dibanding dengan Pantai Sendiki. Namun pemandangan Pantai Sendiki tidak kalah keren, pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih yang dilengkapi dengan bebatuan. Kebersihan pantai ini masih sangat terjaga, sehingga sangat nyaman untuk anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata. Pantai Sendiki ini juga terlihat mempunyai lekukan pasir besi dan air yang sangat jernih.

Bagi anda yang ingin berlibur kemari, kami sarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah karena di pantai ini masih jarang ditemui penjual makanan. Anda bisa melaju ke pantai ini dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan jarak tempuh sejauh 60 km dari pusat kota Malang.

Lokasi Pantai Sendiki Malang

pantai sendiki malang jawa timur

Pantai Sendiki berada di Dusun Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Tamban (memiliki jarak sekitar 2km).

Maka jika anda tiba ke Tambakrejo, anda bisa berkunjung 2 pantai sekaligus. Dari pusat Kota Malang, lokasi untuk berlibur ini memiliki jarak 68 km yang bisa dilakukan sepanjang 2 jam perjalanan.

Google Maps: Lihat.

Rute Menuju Pantai Sendiki Malang

Berikut beberapa rute yang bisa anda gunakan untuk berkunjung ke wisata terdekat Pantai Sendiki :

Anda bisa melalui Pantai Tamban, dari Malang > Pakisaji > Kepanjen > Gondang Legi > Turen > Sumbermanjing Wetan > Desa Tambak Rejo > Pantai Tamban

Dari Pantai Tamban anda akan menuruni jalan dan berbelok ke arah kanan > bertemu dengan pertigaan, ambil kiri kurang lebih 50 meter > Pos Kamling belok ke kanan. Di sini anda menemukan jalan setapak, artinya jalanan ini hanya bisa dilalui oleh motor dan pejalan kaki. Bagi anda yang membawa mobil pribadi, maka anda bisa menitipkannya di rumah warga sekitar.

Di jalanan sempit inilah anda akan menyusuri jalan sejauh 3 km, sejauh 100 meter dari pepohonan ketapang anda bisa langsung mendengar deburan ombak, dan itu artinya bahwa anda telah sampai di area Pantai Sendiki. Sesampainya di sana anda bisa langsung menikmati suasananya yang enak, anda bisa bermain pasir, berenang atau hanya bercengkrama di atas halusnya pasir pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendiki

pantai sendiki tiket masuk

Tiap pengunjung yang tiba ke Pantai Sendiki dikenai biaya masuk sejumlah Rp. 5.000 per-orang ditambahkan biaya parkirkan sejumlah Rp. 5.000 per motor (Rp. 10.000 bila anda bermalam).

Fasilitas Pantai Sendiki Malang Jawa Timur

Sebagai objek wisata yang baru (dibuka untuk umum di tahun 2015), pengendaliannya masih dilaksanakan oleh pemerintahan desa di tempat.

Walau demikian, mempunyai fasilitas yang cukup ideal seperti toilet, masjid, pemandian umum, camping ground sampai beberapa warung masyarakat yang jual minuman dan makanan, dan semua teratur secara baik.

Warga di tempat juga bekerja bersama jaga dan percantik Pantai Sendiki. Ini bisa disaksikan adanya pos menjaga, ayunan kayu dan gazebo sebagai tempat berlindung. Bahkan juga sekarang ini pengurus pantai sediakan penginapan berbentuk cottage kecil di atas pohon sekitar pantai.

Spot Objek Wisata di Pantai Sendiki Malang

pantai sendiki di malang

Berikut sejumlah spot wisata di kawasan tempat wisata Pantai Sendiki Malang, Jawa Timur, yang akan memberi serunya ke beberapa pengunjung:

1. Nikmati daya tarik Pantai yang Asri

Karena ada di pesisir Selatan Jawa, ombak yang berada di Pantai ini lumayan besar hingga kurang pas jadi tempat berenang meskipun punyai air yang jernih. Meskipun tidak dapat berenang, kamu bisa bermain air di pinggir Pantai. Selain itu, di sekitar Pantai ada rimba lebat yang membuat Pantai ini tidak begitu panas dan makin menambah kamu kerasan lama-lama.

2. Berjemur di Pasir Putih

Karena akses yang relatif susah, Pantai ini cukup sepi pengunjung. Saat bertandang ke Pantai yang sepi ini pasti kamu akan berasa ada di Pantai individu. Selain itu, Pantai ini mempunyai pasir Pantai yang warna putih. Di sejumlah sisi Pantai ada batu-batuan yang jadikan Pantai ini makin elok. Pantai yang sepi dan Pasir Pantai yang Putih benar-benar pas jadi tempat berjemur.

3. Pelajari Mitos Menarik Pantai Sendiki

Kabarnya Pantai Sendiki diketemukan oleh 4 orang teman dekat. Mereka sama-sama share tempat dengan menanamkan pacak kayu sebagai pertanda. Mbah Singo Lelono jadi orang paling akhir yang menanamkan pacak.

Baca Juga: Destinasi Tempat Wisata di Makassar

Karena bingung, dia menanyakan ke tiga orang temannya lainnya “Punyaku Seng Ndi Iki?” Narasi itu disebut jadi asal mula nama Sendiki. Di samping kiri Pantai kamu dapat mendapati sebuah makan yang mempunyai tulisan “Singo Lelono” yang membuat narasi ini makin memikat.

4. Camping / Berkemah di Pantai Sendiki

Karena sepi pengunjung, pasti Pantai ini benar-benar pas jadi tempat kemping. Ada beberapa titik yang ada lumayan jauh dari bibir Pantai yang dapat jadi tempat kemping. Kamu dapat sewa tenda di lokasi pada harga Rp.75.000 untuk sebuah tenda memiliki 4 sampai lima orang. Bila bawa tenda sendiri, kamu hanya dikenai biaya Rp.20.000 untuk biaya membuka tenda.

5. Homestay

Bila kamu tidak senang camping/ berkemah tetapi ingin nikmati keelokan Pantai Sendiki semakin lama kembali, ada sejumlah rumah warga yang sediakan layanan homestay. Tentu saja dengan tinggal di dalam rumah warga di tempat akan menambahkan pengalaman yang susah untuk dilupakan.

Pembahasan mengenai tempat wisata Pantai Sendiki. Bila kamu sedang liburan di kota Malang, Pantai Sendiki benar-benar pantas untuk didatangi.

Hotel Di Sekitar Pantai Sendiki Malang

pantai sendiki malang selatan

Untuk wisatawan luar kota yang ingin berkunjung Pantai Sendiki, ada banyak hotel/penginapan yang bisa anda tentukan sebagai tempat transit atau istirahat.

Beberapa salah satunya ialah:

  • Homestay Sendang Biru, Jl. Sendang Biru RT. 27 RW. 03, Dusun Tambak Rejo, Kec. Sumber Manjing Wetan, Kab. Malang 65176.
  • Home Stay Karunia Alam, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. No telephone: 082234632562

Bagaimana sobat, sudahkah ada agenda untuk berkunjung ke Pantai Sendiki Malang? Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi bermanfaat untuk mengisi waktu liburan anda nanti. Happy Travelling !!

Leave a Comment