Sunrise Point Cukul, Rasakan Sensasi Mengejar Matahari

Jogjawae.com, Yang muda dan suka berpetualang demi memanjakan mata dan kamera, Anda bisa berkunjung kesini di Sunrise Point Cukul. View otentik, sunrise yang membuai membuat mata dan kamera kalap menangkap momennya.

Sunrise Point Cukul saat ini cukup tenar di kalangan muda millenial. Sebab, spot-spot foto yang instragramable membuat siapapun ingin berkunjung kemari.

Selain dapat dengan leluasa melepas penat, instagram milik Anda dalam sekejap akan menjadi kece badai karena jepretan alam Sunrise Point Cukul Bandung ini. Nggak percaya? Cobalah berkunjung!

Tapi sebelumnya, simak dulu ulasan tentang destinasi wisata satu ini, agar saat menuju kesana, Anda sudah siap untuk plesir dengan nyaman dan aman.

Lokasi Sunrise Point Cukul

Lokasi Sunrise Point Cukul

Lokasi Sunrise Point Cukul

Berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung, Lokasi Sunrise Point Cukul berada di Jl Cukul Sukaluyu, Pengalengan. Letaknya lumayan jauh dari pusat Kota Bandung. Kurang lebih, 2 jam jika berkendara dengan menggunakan mobil.

Jika anda berasal dari luar kota Bandung, anda harus datang sehari sebelumnya kalau ingin menikmati pemandangan Sunrise di tempat wisata terdekat ini.

Untuk Anda yang datang ke Bandung menggunakan trasnportasi umum, jangan lupa menyewa mobil. Ada banyak jasa persewaan mobil yang bisa diakses ketika sampai di stasiun atau Bandara kota Bandung.

Sekitar 50 kilometer jarak yang ditempuh menuju lokasi. Meski konturnya berkelok dan naik turun namun, jalan terbilang cukup baik. Anda bisa langsung menemukan objek wisata ini tidak jauh dari jalan raya utama yang hanya berjarak sekitar 150 meter.

Dalam perjalanan itu, Anda akan disuguhi pemandangan area perkebunan teh yang asri. Terdapat pula sebuah rumah tua dengan arsitektur Belanda yang tampak klasik di seberang danau. Rumah berukuran besar itu berdiri sendiri, tanpa tentangga. Entah milik siapa tapi rumah itu jelas tidak dibuka untuk umum.

Akses untuk parkir mobil disedikan di sekitar kawasan perkebunan teh milik PT PTPN VIII. Untuk menuju kesana, jalannya agak berbatu namun, masih bisa ditoleransi oleh city car jika kebetulan Anda menggunakannya. Dari situ, Anda bisa melalui jalanan menanjak khas perbukitan sejauh 100 meter untuk berada di spot foto wisata ini.

Maps: Klik Disini

Tiket Masuk Sunrise Point Cukul

Biaya masuk yang murah juga menjadi salah satu daya tarik mengapa spot wisata ini selalu menarik banyak pengunjung. Hanya dengan Rp 10 ribu, Anda bisa menikmati terbitnya matahari yang cantik mempesona di Sunrise Point Cukul.

Tak berbeda dengan tiket masuknya, parkir mobil juga hanya membutuhkan biaya Rp 10 ribu saja.

Karena saat ini kita tengah berada dalam Pandemi Covid-19, pastikan Anda mengenakan masker dan tetap menjaga jarak. Jangan lupa untuk membawa Hand Sanitizer yang sewaktu-waktu bisa diperlukan.

Waktu Berkunjung Sunrise Point Cukul

Jangan kuatir memiliki waktu terbatas untuk berkunjung karena tempat wisata ini buka 24 jam untuk semua wisatawan. Untuk menikmati Sunrise yang indah, jangan lupa untuk datang sebelum shubuh. Jika berangkat dari kota Bandung, maka perkiraan Anda berangkat dari rumah adalah Jam 2 dini hari.

Dengan perkiraan sampai ke lokasi adalah jam 4 shubuh. Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggalan momentum sang Surya mulai menampakkan dirinya dengan gagah. Bersinar laiknya mahkota. Penuh magis dan keindahan.

Mengejar Matahari di Sunrise Point Cukul

Mengejar Matahari di Sunrise Point Cukul

Mengejar Matahari di Sunrise Point Cukul

Cuaca dingin ditemani angin yang berhembus lumayan kencang dini hari itu membuat siapapun akan menggigil. Tapi ternyata tepat pukul 4 dini hari tiba di area Sunrise Point Cukul, sudah banyak orang yang berderet mengantre tiket demi mengejar matahari yang menawan.

Saat melewati gerbang, ada beberapa petunjuk arah dan fasilitas yang disediakan di sini, seperti spot sunrise, lokasi-lokasi view point, dan juga petunjuk fasilitas mushola dan toilet.

Sementara itu, ada dua jalan bercabang di area spot Sunrise. Ternyata yang sebelah kanan adalah menuju lokasi paling kece, dimana Anda bisa melihat matahari terbit dengan gagahnya. Sementara jalan satu lagi, menuju area view dan spot selfie lainnya, serta lokasi warung makan dan toilet.

Saat weekday, pengunjung yang datang tidak sepadat ketika weekend. Jadi dengan begitu Anda bisa menikmati kemegahan matahari baru terbit yang inspirasional.

Baca Juga: Destinasi Objek Wisata di Lombok

Rasakan hangat yang merayap di tubuh ketika matahari mulai membiaskan warna merah muda hingga jingga yang mempesona seakan memayungi pegunungan yang sebagian terselubung awan. Gradasi warna langit yang terbentuk dari gelap, kelabu menuju merah ke jingga menyihir mata untuk tak terpejam.

Spot Selfie Sunrise Point Cukul yang Instagramable

Spot Selfie Sunrise Point Cukul yang Instagramable

Spot Selfie Sunrise Point Cukul

Saat hari menjelang siang, suasana disini berubah kembali. Tapi tak mengurangi keindahannya. Puas melihat matahari terbit, Anda bisa melakukan foto selfie karena saat ini sudah dilengkapi dengan anjungan-anjungan yang beragam.

Mulai dari yang berbentuk seperti landasan tonggak kayu, landasan bambu dengan spot selfie berbentuk hati atau sayap burung, bahkan ada yang bertuliskan “I love U”. Ada pula spot selfie berbentuk perahu yang terletak pada spot paling atas.

Anak-anak pasti suka bermain dengan track yang lumayan mudah tetapi tetap aman untuk dinaiki. Udara segar dengan pemandangan yang indah tentu pengalaman baru untuk Anda yang biasanya tinggal di kota besar.

Berbagai spot selfie menarik ini gratis Anda gunakan sepuasnya. Tak perlu membayar apapun lagi dan Anda bisa menikmati berbagai spot menarik untuk memenuhi instagram Anda. Menyenangkan bukan?

Camping di Sunrise Point Cukul

Jika ingin merasakan pengalaman yang luar biasa tanpa takut kehilangan momen matahari terbit, maka datanglah untuk camping di sini. Disana disediakan persewaan peralatan camping dan camping ground yang bisa Anda gunakan.

Tak perlu takut dengan fasilitas selama menginap, karena area camping telah dilengkapi dengan toilet, mushola dan warung makan juga cafe jika Anda tak ingin membuat api unggun dulu untuk memasak makan malam.

Kawasan wisata di Pangalengan ini terletak di atas ketinggian dataran tinggi pegunungan di bandung selatan yaitu pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan air laut. Karena itu hawa sejuk masih cukup menusuk meski matahari sudah tinggi. Jadi, jangan lupa membawa baju hangat selama disana ya!

Nah, bagaimana ulasan mengenai Sunrise Point Cukul ini? Cukup menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi bukan? Dengan biaya yang tak menguras kantong, destinasi wisata ini bisa menjadi alternatif Anda untuk menghabiskan liburan singkat dengan keluarga tercinta.

Jangan lupa merencanakan dengan matang akomodasi dan transportasi yang ingin anda gunakan. Karena naik kendaraan umum tidak dimungkinkan untuk mencapai lokasi Sunrise Point Cukul Bandung ini. Satu lagi, membawa bekal untuk piknik bersama anak-anak akan terasa mengasyikan Anda bisa mencobanya.