Destinasi Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

JogjaWae.com, Siapa yang tak kenal Bali, pulau dewata yang menjadi ikon pariwisata Indonesia. Kiranya julukan tersebut tak salah disematkan pada pulau yang juga dikenal dengan pulau seribu pura ini. Karena memang disinilah tempatnya, Anda bisa menemukan berbagai destinasi wisata. Dari sekian banyaknya destinasi tempat wisata di Bali, mana yang menjadi favorit Anda ?

Tak salah, jika ada yang beranggapan, bahwa Anda bisa menemukan beragam destinasi wisata jika Anda berada di pulau ini. Dari mulai wisata alam, wisata budaya, kuliner hingga yang bernuansa modern, semuanya ada disini. Tinggal Anda siapkan budget yang lebih untuk liburan dalam waktu lama di tempat ini.

Belum Disebut Ke Bali, Jika Belum Mengunjungi Destinasi Tempat Wisata Bali Berikut Ini

Meskipun banyak destinasi tempat wisata yang bisa Anda temui di Bali. Namun ada beberapa tempat yang menjadi ikonnya pulau ini. Dengan kata lain, Anda belum bisa disebut pernah ke Bali, jika belum mengunjungi tempat-tempat tersebut. Apa saja destinasi tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi selama liburan di pulau ini ? Berikut rinciannya. Diantaranya :

1.Pantai Kuta

Pantai Kuta
Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah salah satu destinasi tempat wisata di Bali yang wajib Anda kunjungi selama berada di Bali. Pesona pantai ini memang hampir sama dengan pantai-pantai di Bali lainnya. Namun entah kenapa, pantai Kuta selalu diidentikkan dengan wisata di Bali. Sehingga banyak wisatawan yang berpikir, bahwa dengan mengunjungi pantai ini, Anda sudah disebut pernah berkunjung ke Bali.

Alamat : Jalan Pantai Kuta, kecamatan Badung, kabupaten Badung, provinsi Bali. Kode pos 80361.

Jam Operasional : Pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Gratis.

Keindahan pantai Kuta mulai terkenal di kalangan turis mancanegara di tahun 1970an. Sebelum menjadi destinasi wisata, pantai Kuta lebih dulu dikenal sebagai perkampungan nelayan lokal. Baru di abad ke 19, seorang warga negara Denmark, yang bernama Mads Lange menjadikan kawasan pantai ini sebagai pusat perdagangan.

Mak tak heran, jika di sekitar wisata terdekat pantai Kuta, Anda pastinya akan melihat toko-toko suvenir yang berjejer di sepanjang kawasan pantai. Karena memang predikat sebagai pusat perdagangan tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kawasan destinasi tempat wisata di Bali ini.

Ada berbagai wisata air yang bisa Anda lakukan disini. Dari mulai surfing, jetski, hingga bermain pasir di tepi pantai. Untuk aktivitas jetski, Anda perlu merogoh kocek sekitar 150 ribu hingga 250 ribu rupiah. Untuk durasi selama 15 menit.

Bukan hanya wisata airnya yang bisa membuat anda tak ingin cepat beranjak dari tempat ini. Karena pesona sunsetnya juga konon disinyalir sebagai momen sunset terbaik di kawasan Bali. Maka tak heran, jika banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk datang di jam-jam menjelang petang, hanya untuk menyaksikan fenomena ini.

2. Pantai Sanur

Pantai Sanur
Pantai Sanur

Selain pantai Kuta, pantai Sanur juga merupakan destinasi tempat wisata di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Terutama bagi yang baru pertama kali pergi ke Bali. Berbeda halnya dengan pantai Kuta yang memberikan pemandangan sunset yang indah. Maka pantai Sanur ini sering disebut sebagai pantai sunrise . Karena memang di tempat ini, Anda bisa menyaksikan sunrise yang memukau.

Alamat : Jalan Kusuma Sari no 1, Sanur, kecamatan Denpasar Selatan, kota Denpasar, provinsi Bali.

Jam Operasional : Pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Gratis.

Selain karena fenomena sunrisenya yang indah, pantai Sanur juga terkenal karena pasir putihnya. Pasir putih ini terbentang sepanjang kawasan pantai, yang berpadu dengan air laut yang berwarna biru. Membuat pemandangan pantai ini sangat memukau, jika dilihat dari atas.

Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, membuat pantai Sanur tidak cocok untuk aktivitas surfing. Meskipun begitu, Anda bisa mencoba aktivitas snorkeling, bermain kano, hingga berenang dan berendam di kawasan pantai.

Bukan itu saja, di area kawasan pantai ini juga dibangun sebuah jogging track. Khusus bagi wisatawan yang ingin melakukan jogging sesaat setelah menyaksikan sunrise di tempat ini. Selain aktivitas jogging, bersepeda juga bisa menjadi aktivitas yang tak boleh terlewatkan. Terutama bagi Anda yang mengajak keluarga dan anak-anak untuk ikut berlibur selama di Bali.

3. Garuda Wisnu Kencana ( GWK )

Garuda Wisnu Kencana ( GWK )
Garuda Wisnu Kencana ( GWK )

Yang menjadi daya tarik dari destinasi tempat wisata Garuda Wisnu Kencana ini yaitu sebuah patung raksasa setinggi 75 meter, dan lebar sekitar 60 meter. Dan disinyalir sebagai patung terbesar di Indonesia. Patung ini menggambarkan dewa Wisnu yang memakai sebuah kencana/mahkota emas, serta menunggangi sebuah burung garuda.

Alamat : Jalan Raya Uluwatu, desa Ungasan, kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, provinsi Bali. Kode pos 80364.

Jam Operasional : Pukul 08.00 WIB – 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Rp 85.000,-.

Harga Tiket Masuk ke dalam patung GWK : Rp 200.000,-.

Berdasarkan rencana awalnya, patung GWK ini akan dibangun setinggi 126 meter. Namun kini, baru dibangun hingga 75 meter saja. Meskipun begitu, patung GWK ini tetap menjadi satu-satunya patung terrbesar yang ada di Indonesia.

Daya tarik dari tempat ini tentu saja, patung GWK itu sendiri. Anda bisa melihat sunset yang indah disini. Lahan seluas 240 hektar ini juga sering dijadikan tempat acara kebudayaan dan event hiburan lainnya. Anda juga bisa melakukan photo shoot di sekitar sini. Karena memang tempatnya yang instagramable. Dengan background patung GWK sebagai obyek utama.

Di dalam patung GWK sendiri terdapat sebuah galeri kesenian dan pertunjukan. Ada beberapa pertunjukan budaya yang rutin diadakan di tempat ini. Diantaranya tari barong dan keris, instrumen rindik, tari balet Garuda Wisnu, tari joged bumbung, parade tari kecak, dan masih banyak lagi.

Selain tempat pertunjukan, di lokasi GWK ini juga dibangun beberapa fasilitas. Seperti butik dan toko sovenir, restoran, exhibition hall dan juga lotus pond. Selain yang telah disebutkan tadi, di lokasi GWK ini juga terdapat amphiteather, street teather, Indraloka garden, kura-kura plaza, serta Wisnu plaza.

4. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa selain dijuluki pulau dewata. Bali juiga dikenal sebagai pulau seribu pura. Hal ini mengacu pada banyaknya pura yang bisa Anda temukan di pulau ini. Namun mengapa pura tanah lot ini begitu istimewa ?

Alamat : Desa Beraban, Kecamatan Kediri, kabupaten Tabanan, provinsi Bali.

Jam Operasional : Pukul 07.00 WIB – 19.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Dewasa Rp 20.000,-, Anak Rp 15.000,-.

  • Parkir motor Rp 2000,-,
  • Parkir mobil Rp 5000,-, dan
  • Parkir bus Rp 10.000,-.

Pura Tanah Lot merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Bali yang berada di atas batu karang. Sehingga saat air pasang, pura ini seolah mengapung di lautan. Hal ini pulalah yang menjadikan pura Tanah Lot begitu istimewa, jika dibandingkan dengan pura-pura yang lainnya.

Tanah Lot sendiri berasal dari kata tanah dan lot. Tanah bermakna daratan, sementara lot diartikan sebagai laut. Dengan kata lain, pura Tanah Lot diibaratkan pura yang berada di daratan, yang ada di tengah laut.

Selain lokasinya yang unik, daya tarik dari destinasi tempat wisata di Bali ini juga terletak pada pemandangannya yang indah. Bukan itu saja, fenomena sunset yang indah, dengan disertai siluet pura di senja hari, semakin menambah daya tarik pura ini. Tak heran, jika banyak wisatawan yang mengabadikan momen ini dalam sebuah lensa kamera.

5. Pura Besakih

Wisata di Bali: Pura Besakih
Pura Besakih

Jika tadi membahas pura Tanah Lot, maka sekarang akan dibahas mengenai pura yang lainnya. Pura Besakih merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Bali lainnya yang wajib Anda kunjungi. Pura ini merupakan pura terbesar sekaligus terluas, yang ada di pulau Bali.

Alamat : Jalan Gunung Mas, desa Besakih, kecamatan Rendang, kabupaten Karang Asem, provinsi Bali.

Jam Operasional : Pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Rp 30.000,- hingga Rp 40.000,-/orang.

Berbeda dengan pura Tanah Lot yang berada di atas batu karang. Pura besakih justru berada di kaki gunung, yang bernama gunungAgung. Anda juga bisa melihat prosesi keagamaan yang sering diadakan di sana. Pura ini juga merupakan pusat kegiatan keagamaan dari semua pura di Bali.

Pura besakih sendiri terdiri dari 1 pura pusat serta 18 pura pendamping. Pura pusat dinamakan pura Peantaran Agung Besakih. Sementara dari ke-18 pura pendamping ini, satu diantaranya merupakan pura Basukian.

Baca Juga: Daftar Objek Wisata di Pulau Nusa Tenggara

Dari lokasi pura Besakih ini, Anda bisa melihat pemandangan berupa pesawahan dan bukit yang berada di sekitar gunung Agung ini. Ada baiknya Anda datang ke tempat ini sebelum kabut turun. Karena jika tidak, Anda tidak bisa melihat pemandangan di sekitar, akibat tertutup kabut yang tebal.

6. Bali Safari Marine Park

Bali Safari Marine Park
Bali Safari Marine Park

Jika di Bogor Jawa Barat, ada yang namanya taman safari Cisarua. Maka di Bali ada Bali safari marine park. Meskipun terbilang masih baru, namun destinasi tempat wisata di Bali ini mampu menyedot perhatian wisatawan. Termasuk wisatawan dalam dan luar negeri.

Alamat : Jalan raya Prof. Ida Bagus Mantra kilometer 19,8, kabupaten Gianyar.

Jam Operasional : Senin – jumat, dari pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB.

Sabtu – Minggu, dari pukul 08.30 WIB – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Dewasa Rp 150.000,- hingga Rp 175.000,-

Anak- anak Rp 120.000,- hingga Rp 150.000,-.

Bali safari marine park merupakan kebun binatang yang berdiri di atas lahan seluas 400 hektar. Dengan 400 spesies binatang dari Indonesia, India serta benua Afrika. Dengan mengusung konsep alam liar seperti habitat asli binatang-binatang tersebut, menjadikan destinasi tempat wisata di Bali ini lebih mirip taman safari yang ada di Bogor, namun dengan lahan yang lebih luas.

Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh Bali safari marine park ini. diantaranya safary journey trip, fresh water aquarium, safary night journey, animal show hingga berfoto bersama binatang. Safary journey trip sendiri merupakan aktivitas mengelilingi kebun binatang dengan menggunakan trem atau disebut juga dengan bus wisata. Aktivitas ini dilakukan sekitar 30 menit, dengan dipandu oleh seorang guide.

Sementara untuk aktivitas fresh water aquarium, Anda akan diajak berkeliling untuk melihat berbagai ikan di beberapa akuarium yang berbeda. Sedikitnya ada sekitar 10 akuarium yang berada di Bali safari marine park ini. Dengan berbagai jenis ikan, baik itu ikan air tawar, maupun ikan yang hidup di laut.

Sedangkan untuk safary night journey, konsepnya hampir sama dengan safary journey trip. Hanya saja untuk safary night journey ini dilakukan di malam hari. Untuk mengikuti aktivitas ini, Anda terlebih dahulu diharuskan melakukan reservasi dari 3 hari sebelumnya.

7. Nusa Penida

Wisata di Bali: Nusa Penida
Nusa Penida

Nusa Penida merupakan salah satu pulau dari 5 pulau kecil yang termasuk dalam wilayah provinsi Bali. Destinasi tempat wisata di Bali ini menjadi populer belakangan ini. Dikarenakan banyak traveler dan vloger serta youtuber yang mengabadikan keindahan pulau ini sebagai tujuan liburan para wisatawan. Terutama bagi yang ingin mendapatkan suasana liburan yang bersifat private.

Alamat : Selat Badung, kabupaten Klungkung, provinsi Bali.

Jam Operasional : Pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB, yang disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal menuju Nusa Penida.

Harga Tiket Masuk : Berdasarkan harga tiket penyeberangan kapal ferry. Yaitu sekitar Rp 100.000,- untuk dewasa, dan Rp 85.000,- untuk anak. Sementara untuk wisatawan asing dikenakan ongkos penyeberangan sekitar Rp 150.000,- untuk dewasa. Dan Rp 125.000,- untuk anak. Untuk sekali perjalanan.

Nusa dalam bahasa Bali bermakna pulau. Nusa Penida sendiri merupakan pulau kecil dengan luas hanya sekitar 315 kilometer persegi. Selain Nusa penida, sebenarnya ada 3 pulau lain yang masih termasuk kabupaten Klungkung. Yaitu pulau Ceningan dan Nusa Lembongan.

Ada beberapa destinasi tempat wisata menakjubkan yang ada di pulau ini. Diantaranya batu karang pasih, yaitu bentangan batu karang yang lebih menyerupai tebing. Dari sana, Anda bisa melihat pemandangan batu karang yang menakjubkan dari ketinggian, yang berpadu dengan hijaunya warna air yang berada di bawah batu karang.

Selain batu Karang Pasi, ada juga Raja Lima yang berada di bukit Atuh, angels billabong, pasih andus ( smoky beach ), pantai kelingking, crystall bay, mantai bay, pantai suwehan dan juga bukit teletubbies. Kiranya Anda tak akan cukup menghabiskan waktu hanya dengan satu hari saja, untuk menjelajahi pulau ini.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Nusa Penida diantaranya berenang, snorkeling, hingga bermain jetski. Bukan itu saja, Anda juga bisa berswafoto di atas bukit Atuh dengan pemandangan gugusan batu karang Raja Lima yang hampir mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua.

Nah, jika Anda mempunyai waktu lebih lama untuk berlibur di Bali. Maka ada baiknya untuk menyempatkan diri untuk berwisata ke salah satu destinasi tempat wisata di Bali ini. Dijamin, Anda akan merasa berada di pulau pribadi. Karena suasananya yang tenang, dan tak banyak orang yang datang ke pulau ini.

Itu dia beberapa destinasi tempat wisata di Bali yang tak boleh Anda lewatkan saat liburan ke pulau ini. Apakah diantara destinasi wisata tersebut ada yang belum Anda kunjungi ? sebaiknya Anda sempatkan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Karena ada pepatah yang mengatakan, bahwa seseorang belum bisa disebut pernah ke Bali. Jika belum mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Leave a Comment