3 Destinasi Tempat Wisata di Kendari Yang Wajib Kamu Kunjungi

Jogjawae.com, Kaya akan wisata lautnya, Kota Kendari menjadi tujuan wisata yang layak disinggahi. Kota Kendari adalah bagian dari Pulau Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Tenggara. Sebagai ibukota provinsi, Kota Kendari tak hanya memiliki keistimewaan khas perkotaan tetapi juga kekayaan alam yang khas dan sarat budaya sehingga memiliki destinasi wisata Kendari yang luar biasa memanjakan mata dan jiwa.

Terletak di tepi laut Banda, Kota Kendari mempunyai pesona alam bawah laut dan titik-titik wisata yang bagus. Selain itu, ada banyak surga yang tersembunyi dari banyak destinasi wisata Kendari  yang memanjakan mata dan jiwa.

Destinasi Wisata Kendari Terbaik

Untuk itu, kami rangkum 3 destinasi wisata terdekat di Kendari yang masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan karena letaknya yang nyaris tersembunyi. Meski begitu, destinasi wisata kendari ini cukup populis bagi wisatawan mancanegara karena pemandangannya yang super menawan loh! Kita simak yuk ulasannya!

1. Pulau Labengki

Pulau Labengki
Pulau Labengki

Destinasi wisata Kendari yang pertama adalah, Pulau Labengki. Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang pulau satu ini. Banyak orang sudah mengamini keindahan pulau ini. Meski begitu, untuk mendatanginya, cukup membutuhkan effort.

Dari kota Kendari, kita harus menempuh jalur darat selama kurang lebih 1 jam lamanya untuk menuju Toli-toli, Kabupaten Konawe. Setelah itu, kita harus naik kapal selama 3 jam untuk menuju pulau yang menjadi salah satu destinasi wisata kendari ini.

Biaya untuk naik kapal adalah Rp 50 ribu per orang. Harga itu belum termasuk sewa kapal. Untuk kapal kecil dengan daya muat 15 orang, Anda harus membayar Rp 3 juta. Sementara untuk kapal kapasitas 55 orang, Anda harus membayar Rp 8 juta.

Anda bisa sewaktu-sewaktu datang  ke beberapa spot wisata disana karena untuk berkunjung ke Pulau ini, Anda membutuhkan waktu 3-4 hari agar puas menjelajah pulau.

Saat melakukan perjalanan menggunakan kapal, Anda bisa merasakan angin berhembus semilir seraya menikmati ikan-ikan kecil di biru toscanya air laut yang jernih. Bisa dibayangkan, sesampainya Anda di pulau, anda akan dipastikan mendapatkan pengalaman snorkeling atau berenang di laut seindah Raja Ampat ini.

Sesampainya di pulau yang menjadi destinasi wisata Kendari ini, pengemudi kapal akan mengajak kita ke Labengki kecil untuk sekedar beristirahat, melepas penat. Wisatawan asing maupun lokasi biasa menyebutnya dengan Kampung Bajo.

Penduduk lokal menyediakan rumahnya untuk disewa. Meski fasilitasnya tidak setara dengan hotel bintang 5, namun rumah berukuran besar dengan jumlah 5-8 kamar ini masih cukup lumayan untuk menghabiskan waktu beristirahat.

Atau Anda bisa memilih untuk pergi ke Teluk Lahumalala Besar, Blue Lagoon, dan Twin Lagoon. Lalu menuju Labengki Nirwana Resort untuk Cek In dan makan siang. Biasanya untuk menempuh tujuan ini Anda harus menyewa jasa travel. Mereka menyediakan paket perjalanan mengelilingi destinasi pulau Labengki.

Paket ini akan memungkinkan anda untuk berkeliling di area resort untuk menikmati destinasi wisata Kendari dengan view yang mirip Raja Ampat dan view Teluk Cinta dari Puncak Bukit Kimboe Lagoon serta menikmati beningnya air laut.

Anda juga bisa menemukan sembilan Spesies Kima yang banyak ditemukan di area resort dengan berjalan di sekitar dermaga, Bersnorkeling atau Berkayak di sekitar resort. Malam harinya, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan langit penuh bintang dengan pemandangan laut yang asri dan temaram.

Selain itu destinasi wisata Kendari ini juga memungkinkan anda untuk mengunjungi Tebing Mahitala, pantai putih dengan pemandangan tebing ketingginan 200 meter juga Red Beach dengan view 2 buah ponon kelapa tumbang yang saat ini sedang hits dan sangat instagramable. Jika punya keberanian tingkat tinggi, bisa juga mengikuti perjalanan menuju Loho Bangko yang memiliki air cermin yang tenang. Perairan yang tenang ini bisa tiba-tiba beriak karena dihuni oleh hiu-hiu.

Jangan lupa juga membawa perlengkapan foto dalam air, karena pemandangan bawah laut Pulau Labengki sangat memanjakan mata.

2. Pulau Bokori

Pulau Bokori
Pulau Bokori

Berbeda dengan Pulau Labengki, destinasi wisata Kendari yang satu ini relatif tidak menguras kantong dan untuk menuju kesana tidak dibutuhkan waktu yang lama. Tidak ada tiket masuk yang dipatok di semua area wisata. Hanya, Anda harus menyisihkan uang untuk menginap di resort yang berada di sekitar Pulau.

Destinasi wisata Kendari ini sebenarnya memasuki wilayah Kabupaten Konawe atau lebih tepatnya lagi berada di Kecamatan Soropia.  Namun, ia lebih dikenal sebagai salah satu destinasi wisata Kendari.

Jika ingin pergi ke hawaii, tapi tak mau merogoh kocek terlalu dalam, maka Anda harus datang ke Pulau Bokori. Destinasi wisata Kendari ini memiliki sebuah kumpulan pulau kecil yang mirip dengan pulau di Hawaii.

Untuk menuju Pulau Bokori, ada 3 pelabuhan menuju desa Bajo yang saat ini menjadi dermaga ke Bokori. Pemerintah setempat sudah menyiapkan segala kelengkapan untuk mendukung wisatawan melakukan penyebrangan.

Harga untuk naik kapal ini hanya dipatok sebesar Rp 20 ribu saja. Namun, karena kapal bermuatan cukup banyak, harus menunggu kapal penuh dulu baru bisa berangkat. Karena itu perhitungkan cuaca jika ingin melintas ke destinasi wisata Kendari satu ini.

Namun, jika tidak ingin menunggu terlampau lama dan sudah memiliki regu keberangkatan minimal 3 orang, maka dengan hanya membayar Rp 100 ribu, kapal bisa berangkat. Cukup murah bukan untuk transportasi laut? Perjalanan juga hanya memakan waktu 5 hingga 10 menit.

Baca Juga: Daftar Tempat Objek Wisata di Pulau Sulawesi

Begitu masuk pulau, pemandangan pohon kelapa berdiri berjajar di atas hamparan pasir putih akan memanjakan mata siapapun yang memandang. Birunya air laut dengan ombak yang tenang membuat hati berdesir, indahnya menyejukkan hati.

Dijamin Anda tak kecewa karena penduduk setempat begitu menjaga keaslian alam mereka. Disana, tersedia beragam penginapan dan resort dengan view yang tak kalah memukau. Semakin bagus view resortnya maka semakin mahal harganya. Jadi Anda bisa menyesuaikan budget yang ada ya!

1 villa dengan banyak kamar dibanderol dari harga Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per malamnya. Jangan kuatir dengan fasilitasnya, karena pemerintah setempat sudah melengkapi wilayah ini dengan ragam fasilitas yang bisa Anda nikmati.

Mulai dari Amphiteater, Gazebo yang terhubung satu sama lain dan dikelilingi oleh hutang mangrove yang eksotik juga toilet bersih yang tersebar di sudut-sudut pulau. Sungguh tak kecewa menghabiskan waktu di pulai cantik ini!

3. Air Terjun Moramo

Air terjun Moramo terletak di dalam wilayah Suaka Alam Tanjung Peropa. Lebih tepatnya berada di Desan Sumber Sari, Moramo.

Jika Anda tiba di Bandara Wolter Monginsidi Kota Kendari, Anda bisa transportasi umum yang menuju ke Suaka Alam Tanjung Peropa. Nah, dari situ, Anda bisa berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Cukup melelahkan. Tapi, ketika sampai disana, Anda tidak akan menyesal.

Tidak perlu membayar mahal untuk pemandangan fantastis ini. Hanya dengan Rp 3 ribu per orang untuk tiket masuk. Jika anda menyewa mobil atau motor dari bandara, anda hanya harus membayar Rp 3 ribu untuk parkir motor dan Rp 5 ribu untuk parkir mobil.

Sejauh mata memandang, Anda bisa melihat air terjun meluncur deras pada batuan granit yang terbentuk selama ribuan tahun lalu ini. Tidak hanya itu, hal memukau yang terjadi kemudian adalah munculnya warna-warna pelangi yang terpancar dari buih-buih air yang mengalir.

Air terjung meluncur dari ketinggian 100 meter dan jatuh berupa air terjun yang berundak. Ada lebih dari 7 undakan besar dan 60 undakan kecil yang membentuk kolam. Disitu, Anda bisa berendam dengan puas.

Berendam disini bisa menyehatkan kulit Anda loh! Sebab, karena daerah batuan kapur yang ada di air terjun ini, air destinasi wisata Kendari ini mengandung sulfur dan alkali. Dan jangan takut untuk memanjat, sebab dinding-dinding batunya tidak licin karena kandungannya yang istimewa membuat lumut sulit tumbuh di batu-batuannya.

Nah itu dia ulasan 3 surga wisata yang menjadi destinasi tempat wisata di Kendari yang bisa Anda kunjungi saat liburan ya. Jangan lupa rencanakan wisata Anda dengan tepat. Karena 3 destinasi wisata Kendari ini adalah lokasi yang masih alami dan memiliki jalan yang sedikit sulit untuk ditempuh. Selamat Liburan!

Leave a Comment