Destinasi Tempat Wisata Di Lampung Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Jogjawae.com, Dengan adanya pelabuhan Bekauheni, menjadikan Lampung sebagai pintu masuk bagi warga pulau Jawa yang ingin memasuki pulau Sumatera. Nah, jika Anda salah satunya yang menggunakan pelabuhan ini sebagai tempat persinggahan Anda untuk memasuki pulau Sumatera. Maka tak ada salahnya juga, jika Anda menyempatkan dahulu mengunjungi sejumlah destinasi tempat wisata di Lampung.

Provinsi Lampung sendiri merupakan salah satu provinsi paling ujung dari pulau Sumatera. Tepatnya di ujung bagian selatan. Sebenarnya, provinsi Lampung adalah pemekaran dari provinsi Sumatera Selatan. Tepatnya di tahun 1964, Lampung resmi menjadi provinsi yang berdiri sendiri, dengan Bandar Lampung sebagai ibukota provinsi.

Apa Saja Destinasi Tempat Wisata Di Lampung Yang Menarik Untuk Dikunjungi ?

Jika Anda kebetulan berada di Lampung, maka tak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk berlibur ke beberapa destinasi tempat wisata di Lampung. Anda bisa mengunjungi sejumlah wisata alam, wisata hiburan dan permainan, serta obyek-obyek wisata terdekat lain yang akan memberikan pengalaman yang tak akan mungkin bisa Anda lupakan begitu saja.

Nah, agar tidak membuat Anda tambah penasaran. Berikut beberapa pilihan destinasi tempat wisata di Lampung yang menarik untuk dikunjungi. Diantaranya :

1. Pantai Teluk Kiluan

Pantai Teluk Kiluan
Pantai Teluk Kiluan

Berbeda dengan pantai lainnya, di pantai Teluk Kiluan, Anda bisa melihat kawanan lumba-lumba  berenang di tengah laut. Tak heran, karena pantai ini dikenal dengan habitat ikan lumba-lumba.  Hanya saja, karena lokasinya yang berada jauh di tengah laut. Maka Anda harus menyewa perahu untuk melihat fenomena yang langka ini.

Alamat : Desa Kiluan Negeri, kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus, provinsi Lampung. Kode pos 35379.

Jam Operasional : 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk : Rp 5000,-,

  • Parkir mobil Rp 20.000,-.
  • Ongkos perahu sekitar Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,-/orang.

Pantai Kiluan bisa disebut sebagai surga tersembunyi provinsi Lampung. Bagaimana tidak, di salah satu destinasi tempat wisata di Lampung ini, Anda akan melihat sebuah teluk yang cantik dengan warna laut yang biru kehijau-hijauan. Bukan hanya itu saja, banyaknya ikan hias yang bersembunyi dalam terumbu karang, akan membuat Anda tak ingin cepat beranjak dari sana.

Tak jauh dari sana, Anda bisa menyewa perahu ke tengah laut dan melihat kawanan lumba-lumba. Ada ratusan lumba-lumba hidung botol dan juga lumba-lumba paruh panjang yang hidup di perairan ini. Jika sempat, Anda juga bisa menyeberang ke pulau Kiluan, dan berenang di laguna ataupun melakukan snorkeling.

Membayangkannya saja, pastinya akan membuat Anda terpesona. Apalagi jika Anda bisa berada disana, dan merasakan langsung keindahan pantai ini. Namun, para wisatawan masih disulitkan dengan akses jalan yang terjal dan berbatu, serta tanpa ada penerangan sedikitpun.

Bagi Anda yang ingin pergi ke sana, disarankan untuk menggunakan mobil SUV maupun mobil offroad. Dikarenakan jalannya yang berbatu dan terjal tersebut, pastinya akan menyulitkan Anda, sekiranya menggunakan mobil berukuran city car, dan lainnya. Namun ada baiknya untuk pergi di musim kemarau, agar jalanan tidak licin.

2. Taman Nasional  Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas

Destinasi tempat wisata di Lampung lainnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Taman Nasional Way Kambas. Tempat ini merupakan penangkaran hewan asli Sumatera, yaitu gajah Sumatera. Ada sekitar 300 gajah yang dikembangbiakkan disini. Sebelum akhirnya dikirim ke berbagai kebun binatang yang ada di Indonesia.

Alamat : Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, kabupaten Lampung Timur, provinsi Lampung.

Jam Operasional : pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk :

  • Rp 5.000,- hingga Rp 7.000,- untuk wisatawan lokal.
  • Rp 150.000,- hingga Rp 225.000,- untuk wisatawan manacanegara.
  • menunggangi gajah Rp 20.000,-.

Taman Nasional Way Kambas didirikan pada tahun 1985. Selain sebagai penangkaran gajah, tempat ini juga menjadi tempat pelestarian hewan-hewan langka lainnya. Seperti beruang madu, badak Sumatera, harimau Sumatera, kijang, rusa, tapir, buaya sepit, lutung, siamang, owa, dan yang lainnya.

Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan disini. Diantaranya berinteraksi dengan gajah, menunggangi gajah, memandikan dan memberi makan gajah hingga menonton elephants show. Dijamin liburan Anda kali ini akan menambah pengalaman yang baru yang tak bisa Anda lupakan.

Baca Juga: Daftar Tempat Objek Wisata di Pulau Sumatera

Namun bukan itu saja, anda juga bisa melakukan camping, mengikuti pelatihan outbond, hingga melakukan penelitian berbagai satwa. Namun untuk penelitian ini, Anda diharuskan untuk melakukan resservasi dahulu, dari 2-3 bulan sebelumnya.

3. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang
Pulau Pahawang

Pulau dengan luas sekitar 1.084 hektar ini bisa menjadi destinasi tempat wisata di Lampung yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berlibur. Menawarkan keindahan alam yang eksotis, dengan hamparan pasir putih serta hutan mangrove yang mempesona, jika dilihat dari atas drone.

Alamat : Desa Pahawang, kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran Lampung, provinsi Lampung.

Jam Operasional : 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000,-

  • Sewa perahu untuk snorkeling Rp 20.000,-
  • Sewa peralatan snorkeling  Rp 50.000,-
  • Banana boat Rp 30.000,-

Jika Anda pecinta aktivitas snorkeling, maka Anda tak salah memilih destinasi tempat wisata di Lampung ini sebagai tempat menyalurkan hobi Anda tersebut. Karena pulau Pahawang memang dikenal sebagai surga bagi para pecinta snorkeling.

Tempat ini baru mulai dikenal di tahun 2011, saat seorang traveler mengabadikan momen liburannya dengan melakukan snorkeling di tempat ini. Sejak saat itu, pulau Pahawang menjadi tempat tujuan wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Sedikitnya ada sekitar 550 hingga 800 wisatawan yang datang ke pulau ini dalam setiap pekannya.

Sebenarnya pulau Pawahang sendiri terdiri dari 2 pulau. Yaitu pulau Pahawang besar dan pulau Pahawang kecil. Keduanya memiliki keindahan yang tiada duanya. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menyewa kapal boat dengan kapasitas sekitar 20 hingga 30 orang.

Jika Anda kemalaman di pulau ini, Anda bisa menginap di beberapa cottage dan home stay yang ada di pulau ini. Tempat-tempat penginapan ini memang sengaja disewakan bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana malam di sekitar pulau Pahawang.

Harga penginapannya bervariasi. Pemilik cottage rata-rata menawarkan harga sekitar 2,5 juta hingga 3,5 juta rupiah per malam. Dengan kapasitas 15 hingga 40 orang untuk satu buah cottage. Sementara untuk home stay harganya jauh lebih murah. Yaitu sekitar 600 ribu hingga 1,5 juta rupiah per malam.

4. Danau Bekri

wisata di lampung: Danau Bekri
Danau Bekri

Danau Bekri merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Lampung yang banyak dikunjungi wisatawan. Terutama di akhir pekan dan juga di hari-hari libur nasional. Destinasi tempat wisata ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga, yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan biaya murah.

Alamat : Desa Sinar Banten, kecamatan Seputih Mataran, kabupaten Lampung Tengah, provinsi Lampung.

Jam Operasional : Pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Gratis

  • Parkir motor Rp 5.000,-,
  • Parkir mobil Rp 10.000,-.

Salah satu keunikan dari danau ini yaitu adanya gundukan tanah yang ditumbuhi pepohonan, layaknya sebuah pulau. Anda bisa menyeberangi danau ini dan singgah di tempat tersebut dengan menggunakan jembatan kayu. Selain sebagai tempat penyeberangan, jembatan ini juga sering digunakan para wisatawan sebagai background untuk melakukan selfie dan bersawfoto.

Selain bisa menyeberangi jembatan kayu, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan disini yaitu menyeberangi danau dengan rakit. Pengalaman ini pastinya tidak akan pernah Anda lupakan. Untuk biaya sewa tidak bisa ditentukan secara pasti. Karena umumnya, harga sewa ditentukan secara pribadi oleh setiap pemilik rakit.

Sebenarnya, danau Bekri ini merupakan danau alam yang terbentuk dari 2 danau kecil. Kedua danau tersebut membentuk menjadi satu karena peristiwa alami, dan menjadi danau Bekri seperti sekarang ini. Di sekitar danau Bekri terdapat perkebunan sawit milik PTPN. Selain itu ada juga beberapa perkebunan milik warga. Yang tentunya menambah keindahan pemandangan sekitar danau.

Itu dia beberapa destinasi tempat wisata di Lampung yang menarik untuk dikunjungi. Apakah Anda sudah mempunyai rencana untuk berlibur ke Lampung dalam waktu dekat ini ? Tak ada salahnya jika Anda mengunjungi tempat-tempat yang telah disebutkan di atas. Karena selain bisa menambah pengalaman liburan Anda, tentunya Anda bisa menambah koleksi foto-foto untuk di pajang di medsos Anda nantinya.

 

Leave a Comment