5 Destinasi Tempat Wisata di Makassar Yang Menarik Dikunjungi

Jogjawae.com, Makassar menjadi salah satu wilayah yang mempunyai potensi wisata cukup beragam. Destinasi wisata di Makassar bukan hanya sebatas panorama alam semata. Namun Anda bisa juga menjumpai berbagai jenis potensi wisata lainnya seperti wisata sejarah dan bahkan juga wisata urban mengingat Makassar merupakan salah satu kota besar yang cukup berkembang.

Selain memiliki tatanan kota yang cukup megah, berbagai destinasi wisata terdekat yang ada di kota ini pun tak kalah menarik untuk dikunjungi. Sebagai salah satu kawasan wilayah yang berada di seputaran pesisir Pulau Sulawesi, kota ini memang cukup populer dengan destinasi wisata pantainya yang begitu menawan.

Destinasi Wisata di Makassar Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Bagi Anda yang sedang mencari referensi tempat wisata di kawasan Makassar dan sekitarnya, beberapa rekomendasi berikut bisa menjadi alternatif yang patut untuk dipertimbangkan.

1. Pantai Losari

Pantai Losari
Pantai Losari

Berbicara tentang kota Makassar, tentu banyak yang langsung mengidentikkan dengan Pantai Losari. Selain menjadi landmark atau ikon dari Kota Makassar, Pantai Losari juga menjadi salah satu kawasan destinasi yang cukup banyak digemari oleh warga lokal dan juga para pelancong yang bertandang ke Makassar.

Nama Destinasi : Pantai Losari

Alamat : Jalan Penghibur, Panambungan, Makassar, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar.

Jam Operasional : Selalu Buka.

Harga Tiket Masuk : Gratis

Pantai Losari menjadi pantai yang paling populer di Makassar. Pasalnya pantai ini memang menyuguhkan panorama dan pemandangan alam yang begitu mengesankan dan banyak membuat para pelancong berdecak kagum. Sebagai landmark dari Kota Makassar, banyak yang menyebutkan belum berkunjung ke Makassar kalau belum mengunjungi Pantai Losari.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai yang menjadi favorit destinasi wisata di Makassar ini. Aktivitas yang paling umum dilakukan adalah menikmati Sunset dan juga Sunrise yang begitu indah dan istimewa dari bibir pantai ini. Tidak sedikit yang menyebutkan bahwa spot terbaik untuk memandang sunrise dan sunset di Makassar adalah di Pantai Losari.

Selain menikmati terbit dan tenggelamnya matahari, Anda bisa juga melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya seperti memancing, mengendari sepeda air, bermain banana boat, berlayar dengan menggunakan perahu dan lain sebagainya. Selain menikmati panorama pemadangan alam, Anda bisa juga mencicipi wisata kuliner yang cukup beraneka ragam.

2. Benteng Rotterdam di Makassar

Benteng Rotterdam di Makassar
Benteng Rotterdam di Makassar

Benteng Rotterdam atau yang juga dikenal dengan sebutan Fort Rotterdam ini menjadi destinasi wisata di Makassar berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini sendiri berada di lokasi yang tidak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang cukup unik di Makassar.

Nama Tempat Wisata : Benteng Rottterdam

Alamat : Jalan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional : 08.00 – 18.00

Harga Tiket Masuk : Gratis (Tidak termasuk masuk ke Museum).

Benteng Rotterdam pada awalnya dikenal dengan sebutan Benteng Ujung Pandang yang merupakan bagian dari sejarah Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini sendiri dibangun pada tahun 1545 oleh Raja ke-9 dari Kerajaan tersebut. Kemudian benteng tersebut disempurnakan oleh raja ke-14 sehingga menjadi benteng yang cukup kokoh.

Jika dilihat dari ketinggian, bentuk benteng Rotterdam ini menyerupai bentuk penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Setelah Belanda berhasil menguasai benteng ini, kemudian namanya diubah menjadi Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam dan dikenal dengan nama tersebut hingga kini.

Di dalam kompleks benteng yang kokoh ini terdapat 13 bangunan dan juga lima buah menara secara keseluruhan. Satu menara berada di kawasan pintu masuk sedangkan empat menara lainnya tersebar di setiap sudut-sudut benteng sehingga menjadikan benteng ini menjadi sangat kokoh.

3. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar

Kalau Anda mencari destinasi wisata di Makassar yang kekinian, Trans Studio Makassar adalah pilihan yang patut untuk dipertimbangkan. Selain di Bandung, Trans Studio juga bisa Anda temukan di Makassar dan siap menjadi tempat hiburan yang sangat menyenangkan untuk disambangi ketika liburan.

Nama Tempat Wisata : Trans Studio Makassar.

Alamat : Jalan H.M Dg. Patompo, Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional : 10.00 – 19.00

Harga Tiket Masuk : Rp 100.000 (hari biasa), Rp 175.000 (akhir pekan), Rp 200.000 (saat ada event tertentu).

Trans Studio Makassar menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup baru di Kota Pesisir ini. Trans Studio mulai dibuka pada 20 Mei 2009 yang lalu dan menempati lahan dengan luas sekitar 2,7 hektar. Setelah dibuka, Trans Studio Makassar menjadi salah satu destinasi wisata modern yang cukup digemari oleh turis lokal maupun luar daerah yang berkunjung ke Makassar.

Ketika memasuki Trans Studio Makassar, Anda akan disuguhkan dengan 21 buah wahana dan juga empat zona permainan. Keempat zona permainan tersebut adalah Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan juga Magic Corner. Keberadaan zona permainan dan wahana yang cukup banyak ini tentu akan bisa menghadirkan keseruan tersendiri bagi para pelancong.

Baca Juga: Daftar Tempat Objek Wisata di Pulau Sulawesi

4. Taman Laut Taka Bonerate

Wisata di Makasar: Taman Laut Taka Bonerate
Wisata di Makassar: Taman Laut Taka Bonerate

Melancong ke Makassar tidak akan lengkap rasanya jika tidak menyambangi wisata bahari yang dimilikinya. Dan salah satu destinasi wisata di Makassar yang menarik untuk digunakan berwisata bahari adalah Taman Laut Taka Bonerate.

Nama Tempat Wisata : Taman Laut Taka Bonerate

Alamat : Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional : Pagi Hingga Petang (mendukung aktivitas menyelam).

Harga Tiket Masuk : Rp 25.000 (wisatawan domestic), Rp 60.000 (mancanegara).

Taman Laut Taka Bonerate merupakan sebuah taman laut yang menyajikan panorama wisata bahari cukup menawan di Sulawesi Selatan. Meskipun secara geografis ia tidak berlokasi di kawasan Kota Makassar, namun ia relatif mudah dijangkau dari Makassar.

Destinasi wisata di Makassar berupa Taman Laut Taka Bonerate ini menjadi tempat wisata bahari yang cukup digemari oleh para penyelam. Bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa taman laut ini merupakan surganya bagi para penyelam dan penikmat wisata bahari. Di tempat ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti skorkeling, diving, dan lain sebagainya.

Saat menyelam, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang cukup menawan seperti ikan-ikan kecil yang beraneka ragam, penyu, kura-kura, dan juga bisa menikmati keindahan terumbu karang yang begitu menawan. Jika Anda ingin menikmati pemandangan yang optimal saat menyelam, disarankan berkunjung pada bulan April-Mei.

5. Hutan Mangrove Lantebung

Hutan Mangrove Lantebung
Hutan Mangrove Lantebung

Kawasan Hutan Mangrove Lantebung juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Makassar yang tidak boleh Anda lewatkan. Di tempat ini Anda bisa menikmati hamparan hutan mangrove dan pemandangan lainnya yang tidak kalah cantik dan menarik.

Nama Tempat Wisata : Hutan Mangrove Lantebung

Alamat : Jalan lantebung, Desa Bira, Kecamatan Tamanlarea, Kota Makassar.

Jam Operasional :

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Hutan Mangrove Lantebung merupakan salah satu kawasan wisata alam ekosistem mangrove yang cukup terkenal di Makassar. Ia menyajikan pemandangan alam yang begitu memukau. Selain menikmati hamparan hutan mangrove yang apik, Anda bisa juga menikmati matahari tenggelam dari spot wisata yang satu ini.

Itulah beberapa deretan rekomendasi destinasi tempat wisata di Makassar yang patut Anda kunjungi. Sebagai informasi tambahan, harga tiket untuk kawasan destinasi di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Leave a Comment