36 Destinasi Tempat Wisata di Malang Terbaru & Kekinian

Jogjawae.com, Dengan julukan Kota Apel, Malang bisa dikatakan menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Berada di Jawa Timur, kota ini memiliki iklim yang sejuk yang bisa dijadikan sebagai tempat “ngadem” tentu menyingkir dari keramaian kota serta merefresh pikiran dari kepenatan adalah pilihan terbaik.

Wisata Malang cukup beragam, mulai dari pantai-pantai yang cantik menawan, Gunung Bromo hingga air terjunnya yang mempesona.

Daftar Tempat Wisata di Malang Terdekat dan Terbaru

Di bawah ini, terdapat beberapa rekomendasi destinasi wisata Malang yang bisa kamu kunjungi saat liburan:

1. Taman Labirin Coban Rondo, Pujon

Taman Labirin Coban Rondo, Pujon
Taman Labirin Coban Rondo, Pujon

Alamat: Wana Wisata Coban Rondo, Kec. Pujon, Kab. Malang.
Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB
Harga Tiket Masuk: 

Ingin sensasi liburan yang unik dan menantang? Coba saja ke Taman Labirin Coban Rondo. Objek wisata ini, menantang kamu untuk menyusuri taman labirin hingga menemukan air mancur yang berada di tengah taman.

Meskipun sekilas tampak sepele, namun ternyata tidak mudah untuk menyusuri taman dan menemukan air mancur. Tapi jangan khawatir, ada satu trik yang bisa kamu coba agar mudah menaklukan taman yang membingungkan ini.

Salah satunya, mintalah bantuan temanmu untuk diarahkan menuju lokasi. Temanmu dapat memandumu dari atas ketinggian di menara pandang yang berada di bagian sisi taman.

Dengan ketinggian taman yang mencapai 2 meter, pola labirin yang ada di tempat ini terlihat sangat menarik dan cocok untuk spot foto yang unik.

Selain taman labirin, di kawasan ini juga terdapat air terjun Coban Rondo dengan ketinggian 90 meter juga kamu bisa mencoba aktivitas lainnya yang tak kalah seru, seperti bermain paintball dan ziplines.

2. Perkebunan Teh Wonosari

Perkebunan Teh Wonosari
Perkebunan Teh Wonosari

Alamat: lereng Gunung Arjuna, Desa Wonorejo, Kec. Lawang, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Panorama alam di area perkebunan teh ini menyajikan keindahan yang luar biasa dengan hawa sejuk yang menyegarkan.

Selain menghasilkan daun teh yang berkualitas, perkebunan yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara ini juga dimanfaatkan sebagai objek agrowisata.

Tidak hanya menikmati panorama sekitar, kamu semakin nyaman saat mencoba wahana lain yang tidak kalah serunya. Mulai dari Flying fox, panitball, panjat dinding, bahkan bersepeda. Selain itu tersedia juga paket tour mengelilingi perkebunan hingga pemilihan daun teh.

Termasuk juga menyaksikan proses produksi hingga proses pengemasan teh yang siap untuk dikonsumsi. Tentu hal ini bisa menjadi pengalaman tambahan buatmu.

Tak jauh dari perkebunan teh juga terdapat sumber mata air yang sering dikenal dengan wisata Air Krabyakan. Dari lokasi wisata ini pengunjung kamu bisa menyaksikan keindahan Gunung Arjuna yang megah dan kokoh berdiri.

Bagi kamu yang masih betah dan ingin tinggal lebih lama, tersedia juga penginapan dengan tarif yang cukup terjangkau.

3. Rimba Raya Bee Farm

Rimba Raya Bee Farm
Rimba Raya Bee Farm

Alamat: Peternakan Tawon Rimba Raya, Jalan Dr.  Wahidin No. 8 Kec. Lawang, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Malang tidak hanya identik dengan buah apel yang langsung dipetik dari pohon, di Rimba Raya Bee Farm kamu juga bisa mengambil madu langsung dari sarangnya. Wow, sangat menarik bukan?

Manisnya madu alami bisa kamu cicipi langsung dari bilik nektar yang berada di bingkai-bingkai kayu.

Ternyata bukan hanya madunya yang bermanfaat, kamu bisa mengolah sarang lebah menjadi lilin lalu dicetak kembali menjadi bilik nektar, benar-benar multiguna!

Selain bisa mengambil madu langsung dari sarang lebah, kamu juga bisa mendapatkan produk olahan madu sebagai buah tangan.  Seperti propolis dan juga royal jelly.

Tidak ketinggalan, restoran di kawasan wisata ini juga menyajikan aneka menu dengan bahan madu alami yang manis dan menyehatkan.

4. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya
Museum Brawijaya

Alamat: jl. Ijen No. 25 A, Kota Malang
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Wisata sejarah di Malang ini menyimpan berbagai macam koleksi senjata dan peralatan militer yang cukup lengkap, mulai dari tank, pistol hingga roket jarak jauh semua ada.

Museum ini dibangun untuk menunjukkan bagaimana sejarah masa lalu perjuangan bangsa ketika melawan penjajah, terutama yang terjadi di Jawa Timur.

Salah satu koleksi yang sangat menarik sekaligus “miris” adalah keberadaan Gerbong Maut yang ada di halaman museum. Konon gerbang ini digunakan Belanda untuk mengangkut 100 orang tawanan dari Bondowoso menuju ke Surabaya.

Hanya saja karena kondisi gerbong terkunci rapat dan terlalu sesak, maka seluruh tawanan pun tewas karena kekurangan oksigen, kepanasan dan kehausan.

5. Museum Kesehatan Jiwa

Museum Kesehatan Jiwa
Museum Kesehatan Jiwa

Alamat: Rumah Sakit Jiwa dr. Radjiman Wediodiningrat Jl Jendral Ahmad Yani, Kec. Lawang, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Museum dr. Radjiman Wediodiningrat yang didirikan pada tahun 2009 ini merupakan museum kesehatan jiwa pertama dan satu-satunya di Indonesia. Jadi jangan lewatkan! Boleh jadi ini merupakan pengalaman unik dan pertama buatmu.

Museum ini berisi koleksi benda-benda yang erat kaitannya dengan kesehatan jiwa dengan berbagai dokumentasi yang sebenarnya cukup menyeramkan.

Di sini kamu bisa mendapati jaket pengikat untuk pasien gangguan jiwa hingga peralatan medis yang pernah digunakan untuk membedah otak. Meskipun museum ini tidak terlalu luas dan hanya menyimpan sekitar 700 item saja, namun tetap saja bikin merinding!

6. Wisma Erni, Lawang

Wisma Erni, Lawang
Wisma Erni, Lawang

Alamat: Jl. Dr.  Soetomo 16, Kec. Lawang, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Masih terbayang ngerinya Museum Kesehatan Jiwa, dan ingin uji nyali dengan tantangan yang lebih serem? Coba saja mampir ke Wisma Erni

Hanya berjarak sekitar 40 menit dari pusat kota, kamu boleh singgah sejenak untuk melihat bangunan mewah di atas perbukitan yang dibangun sejak tahun 1990.

Rumah dengan gaya arsitektur ala zaman kolonial ini dulu pernah difungsikan sebagai tempat pertemuan dan juga gedung pernikahan. Namun saat ini tinggal puing bangunan yang tidak terawat dengan kesan “angker” di dalamnya.

Konon Erni adalah wanita pemilik rumah yang meninggal secara misterius tidak lama setelah rumah ini selesai dibangun. Kabar lain menyebutkan bahwa lokasi yang digunakan untuk mendirikan bangunan merupakan sebuah pemakaman, jadi jangan salah kesan angker semakin dominan.

Selain itu, banyak warga sekitar kerap kali melihat penampakan arwah si pemilik rumah bergentayangan di balkon.

7. Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling
Taman Rekreasi Sengkaling

Alamat: Jl Raya Mulyoagung No. 188, Kec.  Dau, Kab. Malang (sekitar 10 km dari pusat Kota Malang)
Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB
Harga Tiket Masuk: 

Mengusung slogan wisata air impian keluarga, tempat rekreasi ini menyajikan berbagai macam wahana permainan air yang seru bagi para pengunjung.

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 9 hektare, taman rekreasi ini menyediakan ragam fasilitas yang lengkap dan cukup menghibur.

Mulai dari wahana permainan air dan outbound, elephant statue area, fitness center, bioskop 4D, playground, berkuda, perahu motor dan fasilitas lainnya yang dijamin bikin liburan semakin seru.  Objek wisata terdekat ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

8. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark
Hawai Waterpark

Alamat: Jl Graha Kencana Raya, Banjararum, Kec. Singosari, Kab. Malang.
Jam Operasional: Senin-Jum’at mulai pukul 10.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk: 

Hawai Waterpark merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang ingin liburan dengan keluarga. Di sini kamu akan mendapati beragam permainan air yang unik dan menyenangkan. Selain wahana permainan yang cukup beragam, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap.

Mulai dari kamar ganti, food court, tempat ibadah, WiFi, area parkir, gazebo dan fasilitas lainnya yang akan membuat pengunjung semakin betah.

9. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan
Kampung Warna Warni Jodipan

Alamat: Desa Jodipan, Kota Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Ingin berburu spot cantik untuk hasil foto yang unik?  Datang saja ke Kampung Warna Warni Jodipan yang terletak di Desa Jodipan, Kota Malang.

Meskipun awalnya kampung ini dikenal sebagai kawasan kumuh, namun nyatanya sebuah perubahan mampu membuat kampung ini terlihat cantik dan penuh warna.

View yang menawan dari Jembatan Brantas memunculkan ide kreatif pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiayah Malang yang tergabung dalam komunitas Guyspro.

Hingga akhirnya seluruh rumah dicat dengan berbagai warna cerah dan menghasilkan karya seni yang begitu artistik.

Beberapa spot foto yang bisa dijelajahi antara lain adalah Jembatan Embong Brantas, Lorong Payung, Dinding warna warni, Lukisan 3D, Tangga warna warni dan spot cantik lainnya.

10. Taman Langit Gunung Banyak Malang

Taman Langit Gunung Banyak Malang
Taman Langit Gunung Banyak Malang

Alamat: 
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Dengan mengusung konsep alam, Taman Langit Gunung Banyak menjadi destinasi wisata baru di Malang yang menarik perhatian wisatawan.

Selain menikmati suasana alam di dataran tinggi yang masih sejuk dan asri, kamu juga bisa mengeksplore spot-spot cantik untuk berfoto.

Beberapa diantaranya adalah taman bunga, patung kayu dari ranting pohon yang artistik dan spot lainnya yang tak kalah menawan.

11. Wendit Waterpark

Wendit Waterpark
Wendit Waterpark

Alamat: Desa Mangliawan, Kec. Paksis, kota. Malang (sekitar 8 km dari pusat Kota Malang)
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Objek wisata air Wendit Waterpark bisa menjadi pilihan selanjutnya ketika kamu berlibur ke kota Malang.

Selain suasana alam yang asri dan sejuk, salah satu keunikan objek wisata ini adalah keberadaan monyet di sekitar kawasan waterpark.

Para monyet ini lebih suka menengadahkan tangan untuk meminta makanan, bukan merampasnya dari tangan pengunjung.  Wah, sopan sekali ya!

Di lokasi wisata ini terdapat kolam pemandian dengan suhu air sekitar 18-25 derajat celsius, yang konon airnya bisa membuat awet muda.

Selain itu ada juga danau buatan dan kolam buatan dengan berbagai wahana permainan seru yang bisa kamu coba Juga.

Fasilitas di Wendit Waterpark juga cukup lengkap sehingga kamu semakin betah dan nyaman di sini.

12. Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang
Alun-alun Kota Malang

Alamat: 
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Alun-alun Kota Malang merupakan destinasi wisata murah meriah yang bisa kamu jajal saat berkunjung ke Malang.

Suasana nyaman di bawah pepohonan akan membuatmu betah menikmati area sekitar.

Ada puluhan burung merpati yang dibiarkan beterbangan di sekitar alun-alun ini sehingga suasana yang kamu dapati di sana semakin meriah.

Tidak ketinggalan juga fasilitas free WiFi yang akan membuat siapapun betah berselancar di dunia maya sembari menikmati sejuknya udara di sore hari.

13. Mata Air Sumber Sira

Alamat: Desa Patukrejo, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang, Jawa Timur
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Sumber air tawar jernih dan mempesona, itulah gambaran Mata Air Sumber Sira yang menjadi wisata alternative di kota Malang.

Kejernihan air di tempat ini bahkan membuat ganggang hijau yang berada di dasar kolam terlihat jelas dan menakjubkan.

Bermain air sembari menikmati keindahan alam di sekitar kolam bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menghilangkan sejenak segala kesibukan yang kamu lalui.

14. Pemandian Kalireco

Alamat: Desa Sumber Waras, Kec. Lawang, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Pemandian Kalireco menyajikan pemandangan menakjubkan dengan aliran air jernih yang bersumber dari air terjun mini.

Meskipun fasilitas yang tersedia belum begitu lengkap, namun objek wisata ini sudah sangat populer di dunia maya.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang penasaran dan ingin melihat secara langsung keindahan Pemandian Kalireco yang viral di media sosial beberapa waktu lalu.

15. Teluk Bidadari

Alamat: Desa Sumber Bening, Kec. Bentur, Kab. Malang (sekitar 30-40 menit dari Pantai Mbehi)
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Sebentuk cekungan dengan air jernih kehijauan menjadi spot cantik yang akan memanjakan pandangan mata. Tebing karang disekelilingnya seolah memberikan ruang bagi siapapun yang ingin menikmati liburan yang lebih privat.

Untuk menuju ke lokasi menawan ini, kamu bisa menggunakan jasa guide lokal agar tidak tersesat selama perjalanan.

16. Masjid Tiban Malang

Alamat: Kawasan Turen, Kab. Malang, Jawa Timur
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Berkunjung ke kota Malang bisa sekalian berwisata religi di Masjid Tiban Malang. Bentuk bangunan masjid ini sangat menarik kamu perhatikan. Dengan memadukan gaya arsitektur Timur Tengah, Tiongkok dan juga budaya modern, tempat ini tidak boleh kamu lewatkan.

Masjid ini berada di kawasan Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah.

Di dalam kompleks pondok pesantren terdapat kolam renang bagi anak-anak dan juga berbagai jenis satwa yang menarik.  Seperti monyet, kijang, kelinci, aneka burung dan juga ayam.

17. Wisata Tubing Wringinanom

Alamat: Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Mau menjajal sensasi liburan yang sedikit ekstrem dan memicu adrenalin? Coba saja wisata tubing Wringinanom.

Dengan menggunakan ban, kamu bisa meyusuri derasnya arus Sungai Amprong yang berbatu sambil menikmati pemandangan di sekitarnyanya yang dijamin mempesona.

Sudah pasti seru dan tak terlupakan!

18. Rafting Sungai Bango

Alamat: Arussina Rafting di Jl. Terusan Sulfat 44A, Kota Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Masih belum puas menjelajahi sungai, cobalah sensasi rafting Sungai Bango yang akan akan mempertemukan kamu dengan aliran Sungai Brantas.

Kamu bisa memilih jenis paket rafting yang kamu inginkan dengan harga yang bervariasi.

Baca Juga: Daftar Tempat Objek Wisata di Pulau Jawa

19. Goa Lo Bangi

Alamat: Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Goa lo Bangi merupakan ornamen yang terbuat dari bebatuan alam, terlihat sangat unik dengan bentuk menyerupai corak dan motif buah-buahan.

Goa Lo Bangi sebenarnya terdiri dari dua goa yang saling berdekatan yaitu Goa Lo dan Goa Bangi.  Untuk menjelajahi goa ini kamu bisa menggunakan jasa guide lokal.

20. N’dayung Rafting

Alamat: Desa Gubuk Klakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Berada di lereng Gunung Semeru sebelah utara, sensasi liburan seru dengan aktivitas rafting bisa kamu lakukan untuk mencoba tantangan yang memicu adrenalin. Di sini pun, kamu akan mendapati pemandangan mempesona sembari mendayung di hilir sungai.

Mulai dari hutan, tebing, kebun apel dan sayuran menjadi sebuah daya tarik tersendiri yang akan sangat berkesan.

21. Candi Singosari

Alamat: Desa Candirenggo, Kec. Singosari, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Agenda liburan dengan destinasi wisata Malang akan semakin lengkap dengan mengunjungi Candi Singosari.

Candi peninggalan zaman Kerajaan Singosari ini telah ada sejak abad ke-13 Masehi, memiliki gaya arsitektur yang cukup unik seperti memiliki dua bangunan bertingkat cukup memicu daya tarik wisatawan.

Sementara sumber air yang berada tak jauh dari lokasi candi diyakini sebagai kolam pemandian Ken Dedes.

22. Taman Slamet

Alamat: Jl Slamet Riyadi, Malang
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Taman ini menyajikan spot foto yang unik dan pastinya  keren untuk aktifitas foto-foto. Banyak anak muda yang mengunjungi tempat ini untuk sekedar bersantai dan mengabadikan momen seru di beberapa spot foto unik yang tersedia.

Selain Taman Slamet beberapa taman yang ada di Malang juga bisa menjadi spot menarik untuk Kamu singgahi.

Seperti Taman Bunga Terompet, Taman Buah Tumpang, Taman Mojolangu, Taman Idjen Boulevard, Taman Rekreasi Kota dan Taman Trunojoyo.

23. Waduk Selorejo

Alamat: Kec. Ngantang, Kab. Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Dengan keindahan alam yang begitu mempesona, waduk yang difungsikan sebagai PLTA ini semakin lama semakin ramai dikunjungi. Terlebih dengan banyaknya fasilitas yang cukup memadai, membuat kegiatan wisata semakin menyenangkan.

Di kawasan wisata ini terdapat lapangan golf, area pemancingan, camping ground, area outbound, playground, dan juga perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi waduk sekaligus menyeberang ke Pulau Jambu yang ditumbuhi oleh ratusan pohon jambu biji.

24. Waduk Sutami

Alamat: Desa Karangkates, Kec. Sumberpucung, Kab. Malang, Jawa Timur.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Waduk Sutami menyajikan sensasi liburan yang menyenangkan. Terlebih dengan berbagai fasilitas yang tersedia.

Mulai dari area pemancingan, camping ground, play ground, kebun binatang mini, mushola, kios souvenir, toilet dan fasilitas pendukung lainnya.

25. Museum Musik Indonesia

Alamat: Jl Nusakambangan No. 19, Kota Malang (Lantai 2 Gedung Kesenian Gajayana)
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Museum Musik Indonesia bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk kamu kunjungi di Malang. Terutama bagi kamu yang ingin mengetahui sejarah dan perkembangan musik di Indonesia.

Ada lebih dari 17 ribu koleksi piringan hitam, kaset, CD, VCD dari berbagai genre musik serta majalah musik lawas yang bisa kamu saksikann di museum ini.

Perlu diketahui bahwa museum ini menjadi satu-satunya museum musik yang ada di tanah air, jadi jangan lewatkan untuk mengunjunginya.

26. Telagasari Malang

Alamat: Desa Sentol Krajan, di belakang lokasi RSJ Radjiman Widiodiningrat.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Spot wisata underwater Telagasari merupakan salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Di lokasi wisata ini kamu bisa menikmati sensasi berfoto di bawah air yang jernih dengan berbagai properti yang dibutuhkan.

Fasilitas di tempat ini juga cukup memadai karena sudah tersedia kamar ganti dan juga warung makan.

27. Sumber Jenon

Alamat: Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Air jernih yang mengalir menjadi daya tarik yang memikat dari Sumber Jenon, terlebih dengan lingkungan alam di sekitar yang hijau dan asri.

Siapapun bakal betah untuk bermain air dan bersantai di lokasi wisata ini, rileks!

28. Sumber Maron

Alamat: Desa Pagelaran, Kecamatan Karangsuko, Kabupaten Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Sumber Maron menjadi salah satu spot cantik yang banyak diburu wisatawan karena pesona alamnya yang sangat memukau.

Obyek wisata yang satu ini memang sangat instragamable dan bisa jadi tempat yang asik untuk refreshing.

29. Sumber Pitu Tumpang

Alamat: Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Dengan beberapa air terjun mini yang mengalir, Sumber Pitu Tumpang menyajikan pemandangan alam nan eksotis dan menyejukkan mata.

Jangan lupa mencari view cantik di beberapa sudut, untuk menghasilkan foto fantasatis..

30. Sumber Taman

Alamat: Desa Karangsuko dan Desa Brongkol, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Menyajikan pemandangan alam yang epik, Sumber Taman bisa menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Untuk mencapai lokasi wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dari pusat Kota Malang.

Suasana alam yang sejuk dengan rimbunnya pepohonan sudah cukup efektif untuk membuat pikiran lebih rileks, terlebih dengan pemandangan kolam air jernih yang begitu luas.

Konon sumber mata air di kolam ini berasal dari dua pohon besar yang mengalirkan airnya secara melimpah.

31. Sumber Krabyakan

Alamat: Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Destinasi wisata yang terlihat sederhana ini nyatanya tetap menarik untuk dikunjungi karena pesona alamnya yang asri dan udaranya yang sejuk menyegarkan.

Bisa dikatakan, tempat ini cocok bagi kamu yang senang mencari suasana damai.

32. Sumber Air Ken Dedes

Alamat: Singosari, Kabupaten Malang.
Jam Operasional:
Harga Tiket Masuk: 

Sumber mata air alami Ken Dedes sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan upacara ritual adat.

Mengunjungi objek wisata ini di siang hari bisa memberikan kesegaran tersendiri yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

33. Sumber Air Andeman

Alamat: Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Berada di kawasan perbukitan, Sumber Air Andeman bisa menjadi destinasi wisata selanjutnya yang menarik untuk disambangi bareng keluarga.

Letaknya yang berada di wilayah perbukitan mampu menyajikan nuansa alam yang berbeda dan menyejukkan.

Menghabiskan waktu sembari mengelilingi sumber mata air ini bisa menjadi sarana yang efektif untuk rileks dan merefresh pikiran.

34. Sumber Air Umbulan

Alamat: Desa Umbulrejo, Kecamatan Dampit, Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Sumber air Umbulan menjadi salah satu objek wisata favorit yang banyak dikunjungi warga masyarakat.

Spot wisata ini memang terlihat sederhana, namun pesonanya tetap memikat dan menarik perhatian wisatawan.

Tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang mengunjungi objek wisata alam ini untuk menikmati keindahan alamnya.

35. Sumber Paloman

Alamat: Dusun Paloman, Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Berbeda dengan sumber mata air alami lainnya, kolam pemandian sumber paloman bernuansa kerajaan.

Konon menurut warga sekitar, kolam pemandian Sumber Paloman dahulunya merupakan kolam pemandian bagi keluarga kerajaan.

36. Pemandian Sumber Ringin

Alamat: Desa Wringinsongo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.
Jam Operasional: 
Harga Tiket Masuk: 

Area di sekitar kolam dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan membuat suasananya terasa lebih adem dan teduh.

Keberadaan pohon beringin tua yang diyakini berusia ratusan tahun menjadi daya tarik tersendiri.  Karena dari bawah akar pohon beringin inilah sumber mata air muncul.

Itulah mengapa pemandian ini dikenal dengan nama Sumber Ringin.

Beberapa fasilitas seperti kamar ganti, play ground dan kuliner sudah tersedia di kawasan wisata ini sehingga pengunjung bisa berwisata dengan lebih nyaman.

Selain mengunjungi 36 destinasi wisata Malang di atas, ada banyak ragam pilihan wisata lainnya yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu liburan, termasuk juga wisata kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan.

Salah satu tempat wisata kuliner legendaris yang ramadi dikunjungi wisatawan terletak di Jalan Basuki Rahmat No. 5, Koljen, Malang.

Tempat ini bernama Toko Oen dan telah berdiri sejak tahun 1930, sebelum Indonesia merdeka loh! Tak ketinggalan, menu andalan Corn Ice Cream-nya yang legendaris bisa kamu bandingkan denga ice cream tempat lain.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menu lain yang menggugah selera seperti nasi goreng dengan citarasa Indonesia dan juga Steak yang bercitarasa Eropa. Jadi, apakah sudah diputuskan tanggal keberangkatanmu ke Malang?

 

Leave a Comment