12 Destinasi Tempat Wisata di Manado Yang Patut Anda Kunjungi

Jogjawae.com, Manado adalah nama Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara dan menjadi salah satu kawasan yang memiliki kekayaan potensi wisata. Tidak mengherankan apabila banyak pelancong yang memfavoritkan kota ini sebagai salah satu tujuan wisatanya. Ada banyak destinasi wisata di Manado yang bisa Anda kunjungi mulai dari wisata alam, sejarah, dan lain sebagainya.

Di wilayah yang juga dijuluki sebagai Kota Tinutan ini, Anda bisa menikmati berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik. Selain menyimpan kekayaan tujuan wisata, Manado juga siap memanjakan Anda dengan sejumlah pilihan menu kuliner istimewa.

5 Destinasi Tempat Wisata di Manado Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Bagi Anda yang sedang membutuhkan referensi mengenai apa saja daftar destinasi wisata terdekat di Manado yang harus dikunjungi, maka beberapa rekomendasi tempat wisata berikut bisa menjadi alternatif yang patut Anda pertimbangkan.

1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken

Manado memang identik dengan destinasi wisata yang satu ini. Bisa dikatakan bahwa Taman Bunaken merupakan ikon yang tidak bisa dipisahkan dari kota Manado karena memang tempat ini adalah tujuan favorit bagi para penikmat wisata bahari.

Nama Tempat Wisata : Taman Laut Bunaken

Alamat : Pulau Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Jam Operasional : 24 jam

Harga Tiket Masuk : Rp 50.000 – Rp 100.000

Taman Laut Bunaken bukan hanya terkenal di Indonesia tapi juga sudah mendunia. Hal ini didukung oleh UNESCO yang menetapkan kawasan Taman Laut Bunaken sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 2005 yang lalu. Hal ini dikarenakan kekayaan biota laut yang ada di Bunaken sangat luar biasa kaya dengan berbagai keindahan yang menyertainya.

Di kawasan Taman Laut Bunaken ini Anda bisa menikmati berbagai kekayaan wisata bahari mulai dari aneka terumbu karang hingga ikan-ikan berwarna-warni yang cukup cantik. Bunaken menjadi destinasi wisata di Manado yang banyak difavoritkan terutama bagi para penikmat wisata bahari.

Di kawasan taman ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menyelam, snorkeling, maupun juga fotografi air. Secara umum terdapat sekitar 39 titik penyelaman yang bisa Anda gunakan untuk menikmati pemandangan luar biasa ini. Namun jika Anda ingin ke Bunaken, disarankan berkunjung pada bulan Mei-Agustus untuk pemandangan laut terbaik.

2. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang
Pantai Malalayang

Destinasi wisata di Manado yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Malalayang. Pantai yang sangat cantik ini serinng dijadikan sebagai kawasan tujuan wisata bagi para pelancong yang ingin menikmati indahnya pantai di Kota Manado.

Nama Tempat Wisata : Pantai Malalayang.

Alamat : Jalan Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Malalayang, Kota Manado.

Jam Operasional : 24 Jam.

Harga Tiket Masuk : Gratis.

Pantai Malalayang terletak tidak jauh dari pusat Kota Manado. Jaraknya kurang lebih hanya sekitar 4 km saja dari pusat kota dan menjadikannya sebagai pantai yang cukup mudah diakses. Selain menyediakan panorama pantai yang menawan, Pantai Malalayang juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah menarik.

Debur ombak di kawasan pantai Malalayang ini relatif cukup tenang. Dengan demikian, Anda bisa bermain air di atas pasir hitamnya dengan relatif cukup aman. Pantai Malalayang sering dijadikan sebagai tempat favorit para pelancong dan penduduk lokal untuk menikmati tenggelamnya matahari ke peraduan.

3. Kota Tomohon

Kota Tomohon
Kota Tomohon

Rekomendasi deretan destinasi wisata di Manado yang tidak boleh Anda lewatkan berikutnya adalah Kota Tomohon. Memag secara geografis kawasan ini bukan termasuk bagian dari Manado, namun ia masih terletak di kawasan Sulawesi Utara dan jaraknya yang tidak begitu jauh dari Manado menjadikan kawasan ini salah satu spot wisata yang cukup menarik.

Nama Tempat Wisata : Kota Tomohon

Alamat : Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Jam Operasional : 24 Jam

Harga Tiket Masuk : Gratis

Kota Tomohon juga dikenal dengan sebutan Kota Bunga. Pasalnya kota ini memiliki salah satu destinasi wisata berupa kebun-kebun bunga berwarna-warni yang sangat menarik dan menawan. Kota Tomohon sendiri hanya berjarak sekitar 20 km dari Kota Manado. Letaknya yang berada di kawasan Kaki Gunung Lokon membuat Tomohon menjadi kota yang sangat subur.

Baca Juga: Daftar Tempat Objek Wisata di Pulau Sulawesi

Jika Anda tertarik mengunjungi kota ini, disarankan berkunjung pada bulan Juni hingga Agustus. Pasalnya pada bulan-bulan tersebut terdapat festival bunga hias yang sangat cantik. Anda bisa juga melihat parade bunga dan berbagai jenis pertunjukan seni yang digelar disepanjang jalanan Kota Tomohon.

4. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh
Pulau Lembeh

Jika Anda mencari destinasi wisata di Manado yang bisa digunakan untuk menyelam selain Bunaken, maka Pulau Lembeh adalah pilihan yang patut dipertimbangkan. Pulau kecil ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik bagi para penggemar wisata bahari karena pemandangan biota lautnya yang menawan.

Nama Tempat Wisata : Pulau Lembeh.

Alamat : Pulau Lembeh, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Jam Operasional : 24 Jam

Harga Tiket Masuk : Rp 8.000

Pulau Lembah menjadi alternatif kawasan wisata di sekitar Manado yang tidak boleh Anda lewatkan. Meski kawasan ini termasuk ke dalam Pulau Bitung, namun jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Manado membuat kawasan ini menarik untuk dikunjungi. Terlebih bagi Anda para penggemar wisata bahari.

Kawasan di sekitar Pulau Lembeh memiliki 88 spot menyelam yang bisa digunakan untuk menikmati kekayaan biota laut Sulawesi. Di kawasan tersebut Anda bisa melakukan snorkeling, diving, dan bahkan juga fotografi.

5. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak
Taman Laut Tumbak

Kawasan destinasi wisata di Manado yang tidak kalah menarik lainnya adalah Taman Laut Tumbak. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini siap menyajikan berbagai jenis pemandangan alam bawah laut yang menyegarkan.

Nama Tempat Wisata : Taman Laut Tumbak

Alamat : Desa Tumbak, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Utara

Jam Operasional : 24 Jam

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000

Taman Laut Tumbak juga menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup favorit bagi para pelancong. Kawasan Taman laut ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Manado dan secara geografis ia terletak di kawasan Kabupaten Minahasa Utara.

Di tempat ini terdapat sekitar 20 spot diving dan juga snorkeling yang sangat menarik. Beberapa spot tersebut diantaranya adalah Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Taman Karang, dan juga spot bernama Pintu Samudra yang menarik.

Seperti kawasan destinasi Taman Laut pada umumnya, ditempat ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan biota laut yang sangat beragam dan juga cantik menawan. Mulai dari terumbu karang hingga berbagai jenis ikan kecil berwarna-warni yang cukup mencuri perhatian.

6. Skyline Manado

Skyline Manando merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kota Manado, di Skyline Manado, kita dapat melihat sunset yang indah, serta pemandangan yang tampak dari ketinggian. Selain itu, kita dapat menghirup udara segar yang dimana hampir tidak ada polusi.

Skyline Manado juga merupakan tempat objek wisata Ekstrem Sport, yaitu wisata Paraliding, terletak pada bukit Tetempangan Manado. Disana terdapat pula puncak Bukit Tetempangan dengan ketinggian berkisar 587 Mdpl. Jalan ke Bukit Tetempangan cukup mudah dijangkau dari kota Manado hanya berkisar jarak sekitar 15 M saja. Lokasi atau alamat lengkap Skyline Manado terletak di Bukit Tetempangan, Manado, Sulawesi Utara.

7. Danau Linow

Lokasi atau alamat lengkap Danau Linow terletak di wilayah area administratif Kota Tomohon, namun seringkali orang bilang kalau lokasi Danau Linow terletak di Kota Manado. Danau ini terletak sangat dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Untuk dapat mengunjungi Danau Linow, kalian harus membayar Harga Tiket Masuk (HTM) Danau Linow sebesar Rp. 25000 saja per orang, cukup murah kan?

8. Gunung Tumpa

Lokasi atau alamat lengkap Gunung Tumpa berlokasi di Manado Sulawesi Utara, yang memiliki ketinggian hingga 750 Mdpl, tepatnya lokasi Gunung Tumpa berada di Kelurahan Tongkaina, Manado, Sulawesi Utara.

Selain menyajikan tempat foto yang menarik, Gunung Tumpa juga cocok bagi pendaki pemula yang ingin menjajalkan kemampuannya.

9. Pantai Melayang

Pantai  Melayang merupakan salah satu obyek wisata di Kota Manado, letaknya dibagian ujung selatan Kota Menado, sehingga mudah untuk meraih kesana. Kalian juga dapat melihat pemandangan yang sangat indah di Pantai Melayang

Lokasi atau alamat lengkap Pantai Melayang di Manado Sulawesi Utara, Untuk Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Melayang berkisar Rp. 10.000

10. Sawah Tondano

Jangan lupa untuk berfoto ria dengan latar belakang sawah tondano yang hijau, Tunggulah hingga sore agar kalian mendapatkan panorama sunset di Sawah Tondano.

11. Destinasi Air Terjun Kima

Air terjun ini terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu sebanyak 3 tingkatan, dengan aliran yang tidak cukup deras, membuat anda dapat berenang santai di sekitarnya.

12. Destinasi Taman Wisata Tandurusa

Di Taman Wisata Tandurusa kalian dapat menemui beragam macam jenis hewan, dan juga terdapat aneka koleksi hewan khas manado itu sendiri. Taman Wisata Tandurusa berlokasi di Kecamatan Aertembaga yang berjarak 2 jam dari pusat kota Manado. Yang membuat menarik tempat Taman Wisata Tandurusa ialah Tersius yaitu mamalia kecil yang bermata imut asli dari daerah Manado itu sendiri.

Itulah beberapa rekomendasi deretaan destinasi tempat wisata di Manado yang tidak boleh Anda lewatkan ketika melancong ke kawasan Sulawesi Utara. Kini dengan beberapa rekomendasi di atas, Anda tidak perlu bingung lagi mencari tempat wisata yang tepat di Sulawesi Utara. Sebagai tambahan, perlu dicatat bahwa harga bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan.

Leave a Comment