Destinasi Tempat Wisata Di Palembang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Jogjawae.com, Palembang adalah salah satu kota yang terkenal dengan jembatan Ampera. Jembatan ini juga yang menjadi destinasi tujuan wisata. Apakah hanya itu saja ? Tentu saja tidak, karena ternyata ada banyak lagi destinasi tempat wisata di Palembang yang tak kalah seru dan menarik lainnya.

Sebagai ibukota provinsi, Palembang juga dikenal sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, industri dan juga pariwisata. Hampir semua obyek wisata di Sumatera Selatan berada di kota ini. Dari mulai wisata sejarah, wisata alam, wisata edukasi, dan wisata terdekat yang lainnya.

Rekomendasi Destinasi Tempat Wisata Di Palembang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Jika Anda berencana ke Palembang untuk waktu yang lama. Sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Apa saja sih destinasi tempat wisata di Palembang yang wajib untuk dikunjungi para wisatawan ? Berikut rekomendasinya untuk Anda. Diantaranya :

1. Jembatan Ampera

Wisata di Palembang - Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Destinasi tempat wisata di Palembang yang wajib untuk dikunjungi pertama kali tentu saja jembatan Ampera. Jembatan ini memang sudah menjadi ikon kota Palembang. Saking identiknya jembatan ini dengan kota ini, hingga ada pepatah yang mengatakan bahwa Anda belum bisa disebut pernah ke Palembang jika belum pernah mengunjungi jembatan Ampera.

Alamat : jalan lintas Sumatera, kecamatan Seberang Ulu 1, kota Palembang, provinsi Sumatera Selatan.

Jam Operasional : Menentukan jam operasional lalu lintas.

Harga Tiket Masuk : Gratis.

Jembatan Ampera memiliki tinggi sekitar 1117 meter. Sementara lebarnya yaitu  22 meter, dan tinggi sekitar 63 meter. Pada tahun 2018 lalu, tepatnya saat kota Palembang menjadi tempat pelaksanaan Asian Games. Jembatan Ampera didandani sedemikian rupa hingga menyerupai bentuknya seperti sekarang ini.

Bukan itu saja, adanya 2 jam analog yang menjadi bagian dari jembatan ini.  Merupakan salah satu  bukti dari adanya renovasi yang dilakukan untuk menyambut kompetisi olahraga terbesar di  benua Asia tersebut.

Pada awalnya, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir, yang memang sebelumnya terpisah oleh sungai Musi. Bahkan di masa awal-awal berdiri, jembatan ini bisa dibuka tutup. Untuk memudahkan arus kapal yang memang hilir mudik di bawah jembatan.

Kini jembatan yang juga dikenal sebagai jembatan merah ini menjadi salah satu obyek wisata terbaik Palembang. Namun karena ini adalah jalur lalu lintas yang padat, para wisatawan dilarang berhenti untuk mengambil foto.

Jika Anda menginginkan jembatan Ampera sebagai background foto. Anda bisa mengambil foto jembatan ini  dari tempat lain yang terdekat. Misalnya halaman Benteng Kuto Besak yang memang sering dijadikan tempat spot foto terbaik untuk mengabadikan jembatan Ampera.

2. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

Karena lokasinya yang dekat dengan jembatan Ampera, maka pelataran Benteng Kuto Besak ini sering digunakan para wisatawan untuk mengambil spot terbaik dari jembatan Ampera ini. Benteng ini juga merupakan salah satu destinasi tempat wisata di Palembang yang mengusung wisata sejarah.

Alamat : jalan Sultan Mahmud Badarudin no 19, Ilir, kecamatan Bukit Kecil, kota Palembang, provinsi Sumatera Selatan. Kode pos 30113.

Jam Operasional : Pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Rp 5000,-

Kuto Besak sendiri merupakan salah satu bangunan keraton yang diprakarsai oleh Sultan Mahmud Baharudin 1, yang kemudian dilanjutkan oleh Sultan Muhammad Bahaudin. Sultan Mahmud Baharudin 1 berkuasa dari tahun 1724-1758. Sementara Sultan Muhammad Bahaudin memerintah keraton ini dari tahun 1776-1803.

Sebenarnya Kuto Besak adalah keraton baru peralihan dari keraton Kuto Lamo. Dan Benteng Kuto Besak ini merupakan benteng pertahanan dari keraton ini. Yang juga dijadikan sebagai pelataran dan halaman depan dari keraton Kuto Besak.

3. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Dinamakan Kemaro karena di tempat ini tak pernah terendam air, meskipun tempatnya di tengah-tengah laut. Dan meskipun saat itu air laut pasang dan musim hujan. Pulau Kemaro selalu kering, layaknya di musim kemarau.

Alamat : Di tengah-tengah sungai Musi, kecamatan Ilir Timur II, kota Palembang, provinsi Sumatera Selatan.

Jam Operasional : Pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk :  Rp 20.000,- hingga Rp 50.000,-. Yang disesuaikan dengan biaya kapal getek yang menjadi alat transportasi ke tempat ini.

Ada beberapa obyek wisata yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke tempat ini. Selain sebagai wisata sejarah di masa lalu. Dimana pulau Kemaro dulunya dijadikan sebagai benteng pertahanan di zaman kesultanan Palembang. Destinasi tempat wisata di Palembang ini juga sering dijadikan wisata religi.

Karena ditempat ini terdapat makam seorang ulama besar yang bernama Habib Ahmad bin Muhammad Al Aydarus, maka tempat ini dijadikan sebagai wisata religi umat Islam. Sementara bagi yang beragama Budha dan Konghucu, disini juga terdapat sebuah pagoda dan klenteng kuno yang bernama Hok Tjing Rio.

Baca Juga: Daftar Tempat Objek Wisata di Pulau Sumatera

Uniknya, pagoda ini sering dijadikan backgroud bagi para wisatawan yang doyan selfie dan berswafoto. Bukan hanya itu saja, daya tarik pulau Kemaro juga tidak bisa dilepaskan dengan legenda cinta Tan bun Ann dan Siti Fatimah.

Dimana Tan Bun Ann ini adalah seorang warga Tionghoa yang jatuh cinta pada perempuan setempat. Legenda cinta keduanya diabadikan dalam sebuah pohon cinta. Konon, barang siapa yang datang ke tempat ini dan menuliskan namanya serta pasangannya, maka besar kemungkinan pasangan tersebut akan langgeng.

4. TWA Punti Kayu

TWA Punti Kayu

TWA Punti Kayu

TWA Punti Kayu merupakan hutan buatan yang berada di pusat kota. Dengan luas sekitar 50 hektar, TWA Punti Kayu merupakan hutan penghasil oksigen kedua di dunia. Dimana tempat pertama di tempati Islandia.

Alamat : jalan kolonel Burlian km 6,5 Karya Baru, Alang-alang Lebar, Karya Baru, kecamatan Alang-alang Lebar, kota Palembang. Kode pos 30961.

Jam Operasional : pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB.

Harga Tiket Masuk : Rp 20.000,- hingga Rp 30.000,-.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di salah satu destinasi tempat wisata di Palembang ini diantaranya menyaksikan pemandangan hijau dari hutan pinus dan juga menikmati berbagai wahana yang ada. Wahana yang ada di tempat ini diantaranya taman burung, kampung Indian, flying fox, danau perahu bebek, faint ball dan banyak lagi.

Karena ini adalah tempat rekreasi keluarga, maka Anda juga bisa mengajak putra-putri Anda untuk mencoba berbagai wahana permainan anak. Diantaranya waterboom, menunggangi gajah, mengunjungi museum fauna serta mini zoo. Yang semuanya ada di destinasi tempat wisata di Palembang TWA Punti Kayu ini.

Nah, bagi Anda yang gemar selfie dan berswafoto, TWA ini juga menyediakan spot foto yang instagramable. Salah satunya adalah jembatan gantung dan juga replika keajaiban dunia. Khusus untuk replika ini, Anda bisa menemukan replika patung Liberty, opera house Sidney, candi Borobudur, pantai Punta dan Bigben London.

Demikian ulasan mengenai destinasi tempat wisata di Palembang. Jadi untuk liburan yang akan datang, Anda tak harus mengunjungi satu tempat saja jika berada di Palembang. Karena ada banyak obyek wisata lainnya yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Barulah kemudian, Anda bisa disebut pernah ke Palembang. Jika memang telah mengunjungi tempat-tempat tersebut.